Jelang Anugerah Paramakarya, Kemenakertrans Verifikasi Pelaku Usaha di Lambar

DL/20062021/Lampung Barat 

----- Anugerah Paramakarya merupakan anugerah yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kepada pelaku usaha kecil, menengah dan skala besar.

Di Lampung Barat (Lambar) CV. Ratu Luwak masuk menjadi salah satu nominasi daripada anugerah paramakarya yang mewakili provinsi Lampung.

"Atas dasar tersebut kita melakukan verifikasi terhadap pelaku usaha Ratu Luwak yang ada di Kabupaten Lampung Barat," ungkap Asisten Deputi Bidang Ekonomi Makro, Perencanaan Pembangunan dan Iklim Usaha, Robi Arya Brata, Jumat 25 Juni 2021.

Menurut Robi, kedatangan pihaknya ke Lambar untuk menilai UMKM terpilih yang masuk dalam nominasi anugerah paramakarya, rencananya penerima penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

"Di Provinsi Lampung ada dua pelaku usaha yang dinyatakan lolos yakni usaha Batik Gabovira di Bandar Lampung dan Ratu Luwak di Lampung Barat, sehingga kedatangan kita ingin memverifikasi apakah layak atau tidak mendapat penghargaan Paramakarya," jelasnya.

Menurut Robi, kedua pelaku usaha tersebut telah dinyatakan juara dalam gelaran Sidakarya, yakni penghargaan yang sama untuk di tingkat Provinsi.

"Bila ditingkat Provinsi dinamai Sidakarya, sedangkan di tingkat Nasional disebut Paramakarya, semoga Ratu Luwak dinyatakan lolos, mengingat lawan kompetisi dari provinsi lain pun beragam keunggulannya," tutur Robi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar, Nata Djudin Amran, menyampaikan harapan pada kementerian terkait untuk dapat berkolaborasi membangun Lambar dalam sektor perkebunan.

"Harapannya, sinergitas antara kementerian dan Pemkab selalu terjalin baik, demi mewujudkan Lambar hebat seperti yang telah dicanangkan oleh Bupati Lambar, bapak Parosil Mabsus," Harap dia.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Tri Umaryani menambahkan, menurutnya, destinasi pariwisata, kebudayaan, dan agrowisata di Lambar beragam-ragam untuk diketahui Pemerintah Pusat.

"Kedatangan tim verifikasi Kementerian terkait merupakan kebanggaan tersendiri bagi Disporapar, dimana Ratu Luwak merupakan salah satu pelaku ekonomi kreatif di Lambar, yang mana ranahnya masuk dalam Disporapar, semoga ekonomi kreatif ini menjadi nilai tambah," Harapnya.

Sementara itu, owner Ratu Luwak, Sapri, menyambut baik kegiatan verifikasi oleh kementerian terhadap usaha yang digelutinya sejak tahun 2008 silam itu.

"Alhamdulillah, hari ini pihak kementerian telah memverifikasi CV. Ratu Luwak yang jauh hari telah dijadwal untuk dinilai, banyak hal yang kita paparkan mulai dari sejarah berdirinya usaha, perizinan hingga varian produk dan permodalan, terimakasih kepada instansi terkait yang telah mempercayakan kami sebagai salah satu kandidat peraih penghargaan Paramakarya," Tukasnya. (Igun)