Riana Ingatkan Kader PKK Terus Melakukan Gerakan SIGER

DL/30032021/Bandar Lampung

---- Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 Program Pokok PKK.

Peringatannya memberikan penegasan bahwa Gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Dalam peringatannya, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung, DR Zaidirina Wardoyo beserta Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Provinsi Lampung serta Webinar tentang "Pola Asuh Anak dan Remaja di Masa Pandemi Peluang dan Tantangan” bersama Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, bertempat di Kantor PKK Provinsi Lampung, Selasa 30 Maret.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung beserta jajaran pengurus, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan beserta seluruh kader PKK.

Pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini memasuki tahun ke-49 dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan menuju Indonesia Maju.

Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK, dalam hal ini Tim Penggerak dan Kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

Saat ini, Gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Salah satunya sejak merebaknya pandemi Covid-19 menuntut masyarakat melakukan berbagai adaptasi diseluruh aspek kehidupan, termasuk pola asuh saat pandemi. Perubahan rutinitas yang signifikan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

"Untuk Gerakan SIGER (Saatnya Ikut Bergerak untuk Rakyat yang Membutuhkan) yaitu membagikan paket bahan masakan bagi masyarakat sekitar yang telah saya inisiasi di awal masa pandemi dapat terus kita lakukan sebagai bentuk kepedulian dan empati kepada sesama," ungkap Riana dalam sambutannya.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Provinsi Lampung yaitu, Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat yang Membutuhan (SIGER) secara serentak dengan TP PKK Kabupaten/Kota pada tanggal 12 Maret 2021, Webinar “Pola Asuh Anak dan Remaja di Masa Pandemi : Peluang dan Tantangannya” pada tanggal 30 Maret 2021, dan Pemberian bantuan kepada balita, ibu hamil dan lansia berupa 50 paket sembako.

Riana Sari berharap, dengan adanya webinar ini seluruh kader PKK yang ada di Provinsi Lampung dengan salah satu program kerjanya yaitu mengotimalkan peran orang tua dalam menerapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta dan kasih sayang serta memberikan perlindungan terhadap anak.

Menurut Riana, Kader PKK juga harus dapat menjadi pelopor kepada ibu-ibu lainnya terkait Pola Asuh Anak, pelopor upaya preventif pencegahan kekerasan terhadap anak dan pernikahan usia dini minimal di lingkungan sekitarnya masing-masing sekaligus juga menjadi pelopor seluruh anggota keluarga dan lingkungan dalam penerapan protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Semoga peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Tahun 2021 menjadi Momentum kebangkitan Gerakan PKK melalui Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju," ujar Riana.

"Pesan saya, anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Lindungi anak-anak kita dari kekerasan, dari kejahatan. Kita harus menumpahkan kasih sayang kita dan peduli sesama. Berdayakan Dasawisma, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa dan di tangan merekalah kita harapkan Indonesia akan maju di masa yang akan datang," pungkas Riana mengakhiri sambutannya.

Di sela acara juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung berupa 50 paket sembako kepada lansia, ibu hamil dan balita serta 4.800 botol minuman ber-Ph tinggi bagi tenaga kesehatan di Puskesmas se-Kota Bandar Lampung. (tim)

Tags