Lingga Kusuma Yakin Wartawan PWI Pesibar Dibekali Profesionalisme

DL/29032021/Pesibar

---- Konferensi Kabupaten (Konferkab) ke III Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesisir Barat (Pesbar) sebagai ajang evaluasi dan memilih pengurus PWI Pesbar periode 2021-2024 hari ini, Senin 29 Maret 2021 digelar di Ballroom Sartika Guest House, Pekon Serai, Krui, Pesbar.

Plh. Bupati Pesbar M. Lingga Kusuma, dalam sambutannya pada opening ceremony Konferkab itu mengucapkan terima kasih atas kemitraan yang terjalin selama ini antara PWI dengan Pemkab setempat.

Ia menilai, wartawan yang tergabung di PWI Pesbar lebih profesional dan tidak pernah menyebarkan pemberitaan bohong atau hoaks.

"Saya yakin, PWI memiliki sistematis yang baik dalam mendidik anggotanya untuk menjadi wartawan profesional," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Lingga juga meminta bantuan wartawan khususnya di Pesbar untuk membantu pemkab dalam mempromosikan kabupaten tersebut. "Melalui media kawan-kawan, tolong bantu kami mempromosikan Pesbar," pintanya.

Menurut dia, potensi yang dimiliki Pesbar sangat luar biasa. Bahkan, kata dia, dibandingkan kabupaten tetangga Lampung Barat, potensi Pesbar lebih unggul. "Pesbar punya laut, kabupaten induk kita Lampung Barat tidak punya. Hutan mereka punya, kita juga demikian. Jadi, dari potensi, kita lebih unggul," ucapnya.

Karenanya, ia yakin, jika potensi-potensi itu termanfaatkan, Pesbar akan menjadi kabupaten maju. Bahkan bisa mengalahkan Lambar.

"Karenanya saya harap, media bisa membantu. Terlalu besar dan berat potensi itu hanya diemban satu orang yakni Bupati. Mari kita sama-sama membangun Pesbar," ajaknya.

Terlebih, lanjut dia, wartawan adalah orang-orang cerdas yang bisa membantu dalam pembangunan Pesbar. "Lobang semut bisa jadi terowongan besar oleh wartawan. Karena kecerdasannya," nilainya.

Lingga juga berjanji siap mendukung kerja-kerja jurnalistik khususnya yang dilakukan wartawan yang tergabung di PWI.

"Kami juga mohon maaf, jika selama ini dukungan yang diberikan kurang. Seperti PWI Pesbar belum ada kantor, akan kita pelajari," janjinya.

Ia menambahkan, dirinya berharap dalam Konferkab ke III PWI Pesbar akan terpilih kepengurusan baru yang lebih baik ke depannya.

"Tentunya saya saat ini bangga karena meski PWI Pesbar keanggotaannya masih minim, dan fasilitasnya juga demikian, namun kiprahnya di kabupaten ini sudah sangat signifikan. Terima kasih atas jalinan kemitraan yang baik selama ini," pungkasnya.

Sementara, Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian juga dalam sambutannya berterima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini antara PWI dengan Pemkab Pesbar.

Kendati begitu, ia mengaku prihatin dengan kondisi PWI Pesbar. Sebab, dari jumlah anggota, masih minim. Dari laporan sekretariat kepadanya, anggota biasa PWI Pesbar hanya enam orang. Dan anggita mudanya tujuh orang.

Selain itu, PWI Pesbar juga hingga saat ini belum memiliki kantor tetap. Karenanya, ia berharap Pemkab setempat bisa membantu dalam hal perwujudannya seperti yang dilakukan Pemkab dan Pemkot lainnya di Lampung.

"Saya juga minta dalam konferkab nanti disusun program kerja yang lebih menitikberatkan kepada keanggotaan dan peningkatan kapasitas SDM wartawan seperti workshop maupun pelatihan dan uji kompetensi," pesannya.

Ia menyakini, PWI Pesbar bisa bangkit ke depannya jika memang program kerja dalam konferkab disusun dengan baik.

 "Pekembangan media massa saat ini cukup pesat, PWI harus menjadi garda terdepan, terlebih PWI adalah organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia. Karenanya, kita harus bangga menjadi anggota PWI," pungkasnya.

Sementara, Ketua PWI Pesbar Agustiawan dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terlaksananya Konferkab PWI Pesbar ke III.

"Melalui konferkab ini, mari kita menyongsong hari esok lebih baik. Semoga ke depan, lembaga kita ini semakin sehat dan memiliki kharisma besar dan bisa dirasakan seluruh anggotanya dan masyarakat luas," pungkasnya. (ril)