Mulai Harga Rp10 Ribu, Warga Bedudu Jajakan Buah Durian di Tepi Jalan

DL/28022021/Lampung Barat 

---- Buah durian merupakan salah satu buah yang dinanti-nantikan oleh sebagian orang. Karena buah tersebut mempunyai rasa yang tidak kalah dengan buah- buahan lainnya dan hanya bisa dinikmati pada saat musimnya tiba. 

Buah ini selalu dijajakan oleh pedagang musiman dengan harga yang tergolong mahal. Namun berbeda dengan Jon Heriyansah (35) dan Kusnadi (50) warga Pekon Bedudu Kecamatan Belalau, Lampung Barat (Lambar), Ia menawarkan buah duriannya dengan harga yang cukup bersahabat.

Penasaran dengan harga buah durian milik Jon Heriyansah dan Kusnadi, wartawan media ini menyambangi lapak buah durian dimaksud, yang ada di tepi jalan lintas, tepatnya di tanjakan Suwok Pekon Bedudu, Belalau, Lambar, Minggu, 28 Februari 2021.

Mereka menjajakan buah durian jenis tembaga dengan harga yang bervariasi dan cukup bersahabat, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp35 ribu rupiah. 

"Yang kecil Rp10 ribu, yang sedang Rp20 ribu, kemudian yang besar Rp35 ribu rupiah. Jika duriannya tidak manis atau rusak saya akan ganti dengan percuma," ungkap Jon seraya menunjuk buah durian di lapaknya.

Menurut Jon, buah tersebut hasil dari 11 batang durian yang ada di kebunnya. Untuk menjaga kualitas durian, jon hanya mengambil buah yang jatuh saja atau matang di pohon, dan dalam satu malam dirinya dapat mengumpulkan 70 buah durian.

"Kalau musim durian saya selalu bermalam di kebun menunggu durian saya jatuh, karena durian yang matang di pohon lebih nikmat rasanya dibandingkan dengan durian yang diunduh lalu dikarbit. Buah yang tidak layak untuk dijual sudah disortir di kebun jadi yang saya bawa, insya allah bagus semua," ujar Jon.

Masih kata Jon, buah durian yang dijajakan selalu habis terjual, pembelinya pun bukan hanya merupakan warga lokal saja, melainkan dari luar Daerah yang melintas di lokasi tersebut.

"Alhamdulillah, buah durian saya selalu habis terjual. Dan banyak pembeli yang kembali untuk membeli lagi durian yang saya jajakan," ucap Jon bersyukur.

Sementara salah satu pembeli Rangga Wisesa (40) warga Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lambar, disela dirinya memilih buah durian mengatakan, dirinya dan keluarga sangat menggemari buah durian.

Rangga sebelumnya pernah membeli durian di lapak Jon, dan merasa puas dengan buah durian yang dibelinya itu.

"Kemarin saya lewat dan mampir di lapak bapak ini beli durian, selain harganya bersahabat duriannya bagus asli jatohan, daging buahnya legit, rasanya juga enak. Istri dan Anak saya minta dibelikan lagi mas," ungkap Rangga. (Igun)