Enam Manfaat Konsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab jahe memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Seperti dilansir dari India.com, kita perlu lebih sering mengonsumsi jahe di tengah pandemi. Lalu, apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh?

1. Efek anti-inflamasi

Jahe mengandung gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Konsumsi rutin akan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita osteoporosis. Menurut sebuah penelitian pada 247 pasien osteoporosis, lebih sedikit obat nyeri yang dibutuhkan pasien yang mengonsumsi ekstrak jahe, dan mereka juga jarang merasa sakit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena membersihkan sistem limfatik. Ini memecah toksin yang terkumpul di organ dan membuat tubuh tetap hangat. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jahe juga meningkatkan kesehatan pernapasan. Nah, jahe ini sangat cocok dikonsumsi dui tengah pandemi Covid-19 ya.

3. Mengobati infeksi jamur dan bakteri 

Gingerol dalam jahe dapat mengurangi risiko infeksi jamur dan bakteri. Jahe memiliki kemampuan membunuh bakteri seperti Streptococcus pyogenes dan Staphylococcus aureus. Karena itu, jahe efektif dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

4. Menyembuhkan sakit maag

Jahe efektif melawan sakit maag. Jahe akan menjaga pencernaan tetap sehat. Bumbu dapur ini dikatakan lebih efektif daripada obat yang digunakan untuk mengobati maag.

5. Menenangkan sistem pencernaan

Jahe membantu pencernaan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Rempah ini telah digunakan secara tradisional untuk mengobati sakit perut dan nyeri. Jahe berisi senyawa yang disebut karminatif, di mana akan menenangkan pencernaan dan menghilangkan gas berlebihan.

6. Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot

Jahe efektif melawan nyeri otot dan nyeri akibat olahraga. Jahe mungkin tidak memberi bantuan instan, tapi akan mengurangi rasa sakit pada otot secara perlahan. (*)

Tags