Panen Melon Perdana di Kebun Edukasi Rumdis Bupati Lamsel

DL/11082020/Lamsel

--- Panen perdana Melon  jenis Melon Net dan Golden melon di Kebun Edukasi Rumdis Bupati Lamsel menghasilkan buah yang memuaskan. Melon ini ditanam sekitar tanggal 10 Juni 2020, dan kini menghasilkan buah melon yang beratnya berkisar 5 kilogram per buahnya.

Ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto saat panen perdana yang dihadiri Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Ketua Komisi IV DPR RI, serta rombongan Senin 10 Agustus 2020.

Selain itu, hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni dan Jolin Sumbardi Sudin beserta sejumlah istri Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto menjelaskan, buah melon yang ditanam pada dua bulan terakhir itu, menghasilkan buah yang cukup memuaskan karena perawatan yang baik.

“Kemarin kami tanam tanggal 10 Juni. Dua bulan sudah panen. Untuk perawatannya biasa saja, disiram, dan dipupuk seperti biasa. Tentunya gulmanya juga dibersihkan, ”ujar Bibit disela-sela panen perdana buah melon tersebut.

Purwanto menambahkan, nantinya akan dipasarkan oleh pedagang setempat yang telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah. Dengan harga pasaran sekitar Rp10 sampai Rp15 ribu perkilogram.

“Supaya bisa dikirim ke Pulau Jawa atau ke supermarket, bisa juga dijual di sini saja. Harganya memang jauh berbeda untuk dikirim ke sana. Kalau harga lokal di sini, harga pasarannya kan antara 12 sampai 15 ribu perkilogram,” ungkap mantan Camat Sragi ini.

Menurutnya Melon yang baru dipanen itu, terdiri dari enam jenis Buah Melon. Dan secara umum, dikenal dengan jenis Melon Net dan Golden Melon.

Selain ditanami buah melon, di kebun edukasi tersebut juga terdapat tanaman lainnya, yakni cabe, tomat, tanaman toga dan semangka.

“Memang lahan ini kita manfaatkan dalam situasi Pandemi. Harapannya dapat menjadi contoh bagi masyarakat Lampung Selatan, ”ungkapnya. (Kmfls/Hs)

Tags