Sudin: Rawat Alat Pertanian Ini dan Gunakan Dengan Maksimal Jangan Dimonopoli

DL/10082020/SIDOMULYO

---- Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sudin bersama anggota Komisi V DPR RI Bambang Suryadi membagikan Alsintan kepada 8 Kelompok Tani di Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda dan 9 kelompok tani di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Senin 10 Agustus 2020.

Menyertai dalam kunjungannya tersebut Anggota DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami, Ketua DPRD Lampung Selatan, Hendry Rosyadi, Anggota DPRD Lampung Selatan, Rosdiana, Asmara, Ketut Supardi, Sulastiono, Suhar Budianto, Taman, dan Sadide serta dari Ditjen Perlindungan dan Perluasan Lahan Kementerian Pertanian, Erwin Noorwibowo, STP.

Di Desa Sukatani, Sudin memberikan bantuan alat mesin pertanian berupa satu TR4 ISEKI, 6 TR2 Quick G3000 Zeva dan 1 Corn Seller akan dibagikan kepada 8 Kelompok Tani.

Sedangkan di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, membagikan alat mesin pertanian kepada 9  Kelompok Tani berupa satu TR4 ISEKI dan 8 TR2 Quick G3000 Zeva.


Sudin meminta kepada kelompok tani untuk mempergunakan dan merawat alat mesin pertanian ini dengan sebaik-baiknya agar alat tersebut dapat digunakan maksimal dan tidak dimonopoli penggunaannya.

“Saya minta gapoktan memiliki alat steam untuk membersihkan alat pertanian setelah habis dipakai, alat ini akan kami tarik jika tidak dirawat. Bagi kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan Alsintan agar segera mengajukan proposal dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian,” ujar Sudin.

Dalam kesempatan itu Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih atas kepedulian Sudin kepada masyarakat Lampung Selatan, khususnya petani.

“Dengan berbagai bantuan ini, semoga Lampung Selatan tetap menjadi salah satu penyangga pangan di kawasan Jabodetabek dan kehidupan masyarakat petani Lampung Selatan menjadi sejahtera,” ujar Nanang.

Usai penyerahan bantuan Alsintan secara simbolis, acara dilanjutkan dengan sesi dialog dengan para petani.

Ketua Gapoktan Margotani, Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda, Iwan, mengharapkan adanya bantuan perbaikan jalan petani. Karena menurutnya, jalan petani yang ada saat ini kondisinya sudah rusak sehingga cukup kesulitan membawa hasil pertanian.

“Kami sangat berharap ada bantuan berupa perbaikan jalan pertanian atau jalan produksi, sehingga ketika panen, sangat mudah untuk mengeluarkan hasil pertanian,” kata Iwan. (Kmfls/Hs)

Tags