Warung Sedekah Mom's Gapura

DL/12052020/Lampung Utara

---- Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Seperti yang dilakukan oleh kaum hawa yang tergabung dalam Mom's Gapura di kelurahan Gapura, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Emak-emak ini membuat sebuah warung sedekah unik dengan membagikan makanan dan sayuran secara gratis kepada warga. 

Warung sedekah ini didirikan dengan menggunakan beberapa batang kasau kemudian di atasnya digantungkan beberapa jenis makanan dan sayuran yang dipusatkan di Jalan Dahlia Kotabumi.

"Warung ini kita buat untuk membagikan makanan secara gratis, kepada orang yang membutuhkan yang kebetulan lewat di jalan ini," kata Mala salah satu anggota Mom's Gapura, Selasa 12 Mei 2020.

Disamping itu juga, pihaknya memberikan kesempatan bagi para dermawan yang hendak menitipkan sayuran dan makanan serta pakaian yang layak pakai, di warung sedekah yang mereka dirikan.

Menurut Mala, Warung sedekah ini dilakukan secara rutin setiap harinya, dimana pada pagi harinya pihaknya akan menyiapkan sayuran mentah seperti kangkung, beras, telur, dan minyak goreng.

" Setiap sore menjelang buka puasa, akan kami siapkan aneka takjil, siapapun kami persilahkan untuk mengambilnya," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan Mala ide untuk membuat warung sedekah ini berawal dari dirinya melihat video yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp. "Ide ini berawal dari saya melihat video yang dikirimkan melalu WhatsApp" ungkapnya.

Mala berharap, kepada seluruh warga Kelurahan Gapura, khusunya warga jalan Dahlia untuk menyisihkan sedikit hartanya untuk disumbangkan ke warung sedekah yang mereka buat.

"Kita menggelar Warung Sedekah ini di Jalan Dahlia tepatnya di depan Lapangan Damri dimulai sejak jam 08.00 WIB sampai jam 09.00 WIB. Sedangkan untuk sore harinya kami mulai dari pukul 16.00 WIB sampai selesai," imbuhnya.

Mala menyatakan bahwa, warung sedekah ini akan terus dilakukan selama bulan Ramadhan, dan pihaknya juga mempersilahkan kepada siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk bersedekah.

“ Intinya disini kami ingin berbuat baik lewat bersedekah. Kita belum bisa kasi lebih cuma bisa kasi makan gratis, Semoga apa yang kami berikan ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua," ungkapnya. (Zani)

Tags