Nekat Tenan, Pemudik Sembunyi di Bagasi Bus

DL/28042020/Jakarta

---- Kalau dibilang nekat yang nekat. Kalau dibilang berani, ya memang berani, malu. Sejumlah anggota masyarakat yang berusaha mudik dan menghindari razia polisi, rela sampai berada di bagasi Bus yang ditumpanginya menuju kampung halamannya.

Namun apa lacur usaha mereka ternyata tidak menghasilkan sukses yang diinginkan, karena polisi ternyata lebih pintar membaca situasi dan menemukan mereka berada di bagasi Bus.

Berita ini menjadi viral, setelah unggahan di akun instagram @viralterkini99, terlihat sejumlah pemudik tengah menghindari razia petugas. Sejumlah pemudik tersebut tampak mengenakan masker dan membawa barang-barang mereka.

Mereka membawa barang bawaannya masing-masing. "Pemudik nekat duduk di bagasi bus untuk hindari razia petugas," dikutip dari @viralterkini99.

Potret di atas memperlihatkan sejumlah pemudik yang tengah bersembunyi di bagasi bus. Mereka tampak duduk dan berjongkok di dalam bagasi.

Di Wilayah Tangerang

Berdasarkan informasi @viralterkini99, diketahui foto tersebut diambil di wilayah Tangerang pada Jumat (24/4) lalu. Potret tersebut lantas viral di media sosial dan dikomentari oleh banyak netizen.
Sebelumnya, larangan mudik lebaran 2020 telah diberlakukan sejak 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Larangan ini sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona (covid-19).
Presiden Jokowi memutuskan larangan mudik tak hanya untuk ASN, TNI-POLRI serta pegawai BUMN saja. Tetapi, larangan ini juga berlaku untuk semua masyarakat. Larangan ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona makin meluas.

Komentar Para Netizen

Melihat unggahan akun @viralterkini99, para netizen lantas memberikan beragam komentarnya. Seperti komentar-komentar berikut ini.
"Tolong lah plis patuh, kita semua pengen kok ini cepet berlalu, tapi kalau pada main sembunyi kaya gini, kapan berhentinya corona ini :( yang ada malah semakin bertambah nanti," tulis @afrelando.
"Tolonglah patuhi himbauan pemerintah, mudik bisa tahun depan, tapi kalau sudah ada korban gara" masih ngeyel, kalian akan menyesal," tulis @lianlianasanty.

"Itu apa bisa nafas ya klo bis nya jalan n bagasi nya d tutup??" tulis @reredwip.

Keterangan Polisi

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Karena, semua jenis kendaraan angkutan penumpang tak diizinkan untuk melintasi perbatasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Jadi mau di bagasi kek, mau di mesin kek, enggak bakal bisa. Kan semua bus udah enggak boleh lewat," kata Sambodo saat dihubungi, Senin 27 April 2020.

Ia menegaskan, informasi yang beredar tersebut adalah hoaks. Terlebih, hanya mobil atau angkutan yang membawa logistik dan BBM saja yang boleh melintasi perbatasan Jabodetabek.

Selain dari mobil angkutan tersebut, nantinya akan diminta oleh petugas yang menjaga di perbatasan untuk segera memutar balik kendaraannya. "Jadi udah pasti itu hoaks," tegasnya. (*)

Tags