Di Hadapan Presiden, Umar Ahmad Terima Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat

DL/08022020/BANJARBARU

---- Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) muncul dikancah nasional, saat perhelatan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu 8 Pebruari 2020, di Banjar Baru Kalimantan Selatan.

Pasalnya, Bupati Tubaba, Umar Ahmad, menerima anugerah Kebudayaan yang diserahkan oleh ketua PWI Pusat Atal Depari, yang disaksikan orang nomor satu Indonesia, presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI dan puluhan Menteri Kabinet Jokowi.

Selain itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim juga turut bangga menyaksikan munculnya salah satu kabupaten di Lampung dalam prestasi budaya yang diakui secara nasional, diantara 540 kepala daerah yang ada di Indonesia.

Umar akhirnya menerima anugerah ini, setelah sebelumnya melakukan presentasi dan orasi yang disaksikan dewan juri, beberapa waktu sebelum perhelatan HPN ini.

Keberhasilan Tubaba muncul dalam prestasi budaya dalam pembangunan daerah ini merupakan pemicu kreativitas daerah lain untuk berbuat yang lebih baik.

Selain Umar Ahmad ada sembilan kepala daerah yang juga sukses meraih anugerah kebudayaan PWI pusat 2020. Mereka yakni Walikota Tangerang Selatan, Banten Airin Rachmi Diany, Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani. Lalu, Walikota Baubau, Sulawesi Tenggara AS Tamrin, Bupati Gunung Kidul, DI Yogyakarta Hj Badingah.

Kemudian, Bupati Halmahera Barat - Maluku Utara, Danny Missy, Walikota Banjarmasin, Kalsel Ibnu Sina. Bupati Luwu Utara - Sulsel, Indah Putri Adriani, Walikota Ambon - Maluku, Richard Louhenapessy dan Bupati Serdang Bedagai - Sumatera Utara, Soekirman.

Kepada detiklampung.com yang sempat meminta komentarnya saat akan meninggalkan acara, Umar Ahmad mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai pendorong semangat untuk membangun Tubaba jauh lebih maksimal. “Tidak sekedar untuk dikenang sebagai penghargaan. Tapi ini awal dari tantangan saya membangun Tubaba ke depan lebih maksimal,” katanya. (tim)

Tags