Evaluasi Media, SNV-AJI Bandar Lampung Gelar Workshop Soal Sanitasi

DL/29112019/BANDAR LAMPUNG

---- SNV Netherlands Development Organisation bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandar Lampung akan menggelar workshop ihwal sanitasi. Rencananya, kegiatan bertajuk “Evaluasi Media dalam Advokasi Isu Sanitasi di Bandar Lampung” itu berlangsung di Swiss-Belhotel, Telukbetung, Bandar Lampung, Selasa mendatang, 3 Desember 2019.

Wash Advisor SNV Bambang Pujiatmoko mengatakan, isu sanitasi tidak hanya terkait ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan terawat. Namun, yang lebih penting adalah perubahan perilaku semua pihak, sehingga keberlanjutan bisa terjadi.

Untuk itu, media diharapkan mampu mengolah data-data dari berbagai sumber guna menjadi berita yang dapat menggugah serta mendorong perubahan. Kemudian, meningkatkan kolaborasi dan kerja sama multipihak untuk menyelesaikan permasalahan sanitasi, khususnya air limbah di Kota Tapis Berseri.

“Kolaborasi ini (SNV-AJI) memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam hal pemberitaan sanitasi, sehingga mampu menjadi media advokasi untuk perubahan,” kata Bambang, Kamis, 28 November 2019.

Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho menyatakan, belum begitu banyak media yang menaruh perhatian pada isu sanitasi. Padahal, sanitasi sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Secara umum, sanitasi berkorelasi dengan persampahan, air limbah, dan drainase. Jadi, sanitasi tidak hanya berimplikasi pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memiliki manfaat yang luas.

“Karena itu, kami mengadakan workshop yang akan mengupas isu sanitasi. Harapannya, pemahaman para jurnalis ihwal sanitasi semakin meningkat. Sehingga, lahir karya-karya jurnalistik yang mendalam dengan perspektif sanitasi,” ujarnya.

Workshop isu sanitasi akan menghadirkan sejumlah narasumber. Selain Bambang, narasumber lainnya pihak Bappeda Kota Bandar Lampung. Kemudian, Sekretaris AJI Bandar Lampung Dian Wahyu Kusuma yang akan menyampaikan materi ihwal jurnalisme data. Workshop ini terbuka bagi jurnalis umum, pers kampus, penulis Blogger, dan jurnalis warga. Bagi yang tertarik sila mendaftar secara online dengan mengakses laman http://bit.ly/workshopsanitasi (lis)

Tags