Pemilihan RT Demokratis di Perum Taman Gunter I Bareng Donor Darah

DL/02072019/bandarlampung

---- Lima kandidat calon ketua Rukun Tetangga (RT) di perumahan Taman Gunter I Kecamatan Langkapura mengikuti pemilihan secara demokratis yang diselenggarakan di lingkungan tersebut, pada Minggu 30 Juni 2019.

Pesta demokrasi yang dibarengi dengan kegiatan sosial Donor Darah itu berlangsung semarak dengan partisipasi masyarakat yang cukup besar.

Menurut Ketua Panitia,  Umar Usman, SH, kegiatan ini adalah bentuk kerukunan dan guyubnya warga perumahan Taman Gunter I. “Kami kan memang sudah saling mengenal satu dengan yang lain, dan beberapa kali mengadakan kegiatan dengan pola kebersamaan. Maka momentum pergantian jabatan RT ini dijadikan ajang pesta demokrasi yang damai dan gembira,” katanya.

Dengan kandidat 5 orang, terdiri dari calon RT 01 ada dua kandidat, sementara untuk RT 02 ada tiga kandidat. “Di RT 01 ada incumbent Fauzi Sobri,  Faisal dan Junaidi, sementara di RT 02 ada Drs. Asidin Mursyad dan Jalius. Partisipasi masyarakat untuk pemilihan ini diatas 80 persen. Ya Alhamdulilah warga sudah sangat dewasa, untuk menentukan pilihan kan tidak sembarangan. Mereka juga punya penilaian terhadap para calon pemimpinnya,” tambah Umar.

Setelah diadakan pemungutan suara, maka untuk RT 01, calon incumbent memenangkan perolehan suara dengan selisih 3 suara dengan pendatang baru, Faisal, 27 suara dan 24 suara. Sementara kandidat 3 hanya mendapatkan 2 suara.

Untuk RT 02, persaingan ketat antara keduanya dan pada hitungan akhir hasilnya 20 untuk Asidin dan 19 untuk Jalius. Dengan demikian Fauzi dan Asidin terpilih untuk menjalankan amanah sebagai ketua Rukun Tetangga di Perumahan Taman Gunter 1 periode 2019-2023.

Donor Darah

Selain kegiatan pesta demokrasi ini, juga dilakukan donor darah di tempat yang sama. Terdaftar 60 warga yang ikut dalam donor darah, namun hanya 48 yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Tokoh masyarakat setempat, Drs Yusuf Yasin mengatakan bahwa kerukunan dan kemanunggalan masyarakat di sini patut menjadi acuan dalam pembinaan kerukunan warga dan ummat beragama. “Saya terharu melihat begitu semangat dan rukunnya seluruh warga di sini yang dengan ikhlas datang ke lokasi pemilihan dan donor darah. Saya ingin menegasknan bahwa masyarakat sudah dewasa. Persoalan Pileg dan Pilpres sudah selesai, dan mereka kembali menjadi satu rakyat Indonesia yang membangun negeri bersama-sama,” Katanya.

Sementara Camat Langkapura, Drs Husni yang juga memantau sejak pagi hari di lokasi pemilihan RT itu menegaskan bahwa pola kerukunan warga di Perum Taman Gunter I perlu dicontoh masyarakat lainnya. “Ini boleh dicontoh. Luar biasa. Rukun dan damai. Pemilihan dilakukan dengan riang gembira. Ini partisipasi aktif yang membuat saya trenyuh. Kalau warga Indonesia seperti ini semua tentu negeri ini akan damai,” ungkapnya.

Husni mengatakan bahwa pasca Pilpres dan Pileg, masyarakat jangan sampai masih ada yang beranggapan masih ada kubu 01 dan 02. “Sudah selesai Pilpres. Siapapun yang menang, dialah presiden Indonesia yang sah. Mari kita kembali bekerja dan membangun negeri ini dengan cerdas. Tak ada lagi 01 dan 02 yang ada nomor 3, Persatuan Indonesia,” katanya. (don)