Bupati Pesisir Barat Turun Ke Lokasi Banjir Bandang dan Longsor

DL/27042019/Pesibar

--- Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Pesisir Barat sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan bencana longsor yang melanda pekon Tanjung Sakti Kecamatan Lemong.

Bupati Pesisir Barat, DR. Drs. H. Agus Istiqlal, SH., MH didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Hj. Septi Istiqlal, Kasat Pol.PP, Kabag Humas mengunjungi masyarakat yang terkena musibah longsor dan banjir bandang di Pekon Tanjung Sakti Kecamatan Lemong, Sabtu 27 April 2019.

Agus Istiqlal melalui Kabag Humas Ariwandi menyampaikan bahwa pada saat itu juga telah  memerintahkan Kadis Pendidikan untuk segera membangun SD N 1 Tanjung Sakti yang tertimbun tanah longsor, sedangkan untuk 8 unit rumah warga dengan kategori rusak total, Bupati memerintahkan Kadis PU untuk segera membangun rumah warga yang tertimpa musibah menggunakan dana penanggulangan bencana yang telah tertuang pada APBD tahun 2019.

Lebih lanjut Ariwandi menyampaikan bahwa Bupati dan Ketua TP. PKK mengunjungi dan menyapa warga yang tertimpa musibah sambil menghibur mereka agar tetap semangat dan tabah menerima musibah serta upaya memulihkan trauma mereka.

“Selain menyapa warga pak Bupati dan Ibu Septi memberikan bantuan berupa sembako dan peralatan masak untuk sementara waktu sebelum ekonomi warga pulih kembali.” Katanya.

Bupati mengungkapkan bahwa untuk antisipasi bencana, agar seluruh jajaran OPD terkait meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana sewaktu-waktu. “Apalagi saat ini curah hujan sangat tinggi yang dikhawatirkan bencana longsor dan banjir bandang susulan bisa saja terjadi.” Tambahnya.

Bupati juga mengharapkan agar semua pihak peduli untuk membantu masyarakat yang saat ini yang terkena musibah. (Lis/Hms/yung)