Musrenbang Adalah Sebuah Komitmen Semua Dinas dan Masyarakat

DL/15032019/Pesisir barat

---- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) kabupaten setempat yang dilaksanakan di gedung Wanita kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 13 Maret 2019.

Bupati  Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH. MH yang didampingi oleh pj. Sekda Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kesuma, MP menghadiri acara Musrenbang yang dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Erlina Warga Negara, SE, MM., Wakil Ketua l DPRD M. Towil, Kajari Lampung Barat, Dandim Lampung Barat.

Asisten Bid. Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan Syamsu Hilal, S.Sos., Tenaga Ahli Gubernur Lampung, Kabid Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Kabid Dinas PMD provinsi Lampung, Kabid Dinas Perhubungan Provinsi Lampung,  Kacabjari, Kapolsek Pesisir Tengah, seluruh Kepala OPD, para camat , seluruh peratin se-Kabupaten Pesisir Barat. 

Dalam laporannya Asisten Bidang Ekbang dan Kehumasan Syamsuhilal, S. Sos, menyampaikan tujuan musrenbang yang dilaksanakan hari ini adalah untuk penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran strategi arah kebijakan, merumuskan komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJMD. 

Sasaran yang ingin dicapai RPJMD adalah perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat. 

Sementara itu Bubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Erlina Warga Negara, SE, MM menyampaikan selamat atas terlaksananya Musrenbang Kabupaten Pesisir Barat. “Musrenbang ini adalah komitmen melibatkan semua  instansi dan elemen masyarakat, kita harus mampu memanfaatkan momentum ini sehingga banyak hal yang dilakukan Kabupaten Pesisir Barat untuk memacu kesejahteraan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan.

Selanjutnya, dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan bahwa Pemkab Pesibar untuk tahun 2020 mendatang, mempunyai rancangan awal tema RKPD kabupaten Pesisir Barat adalah memacu pembangunan daerah dan mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing masyarakat dengan pemerataan hasil pembangunan”. Tuturnya.

Kemudian tema yang diambil ini telah menyesuaikan dengan rancangan awal RKP tahun 2020 dan RKPD provinsi Lampung tahun 2020. “Harapan saya pada tahun 2020 mendatang semua sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik dan target-target sasaran serta target kinerja yang telah ditetapkan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Berikutnya ditetapkan lima prioritas pembangunan Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020, yaitu:

Pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dengan berpijak pada peningkatan daya saing produk pariwisata, industri kecil menengah dan koperasi;

Menjaga iklim investasi dengan penerapan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik;
menjaga kualitas dan kuantitas sumber daya alam demi keberlangsungan ekosistem lingkungan hidup;

Mempertahankan ketahanan pangan dengan berpijak pada penguatan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan;
Pembangunan infrastruktur daerah untuk peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan. (Uyung)