Meriah, VIP Marching Battle Championship 2024 Perebutkan Piala Gubernur

DL/Bandarlampung/Sport/13102024

---- Gelaran VIP Marching Battle Championship (VMBC) ke-II tahun 2024 yang kembali memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Lampung kembali digelar di Gedung Sumpah Pemuda Way Halim dalam dua hari yakni Sabtu dan Minggu, 12-13 Oktober 2024.

Ada 25 peserta dari Bandar Lampung, Lampung Timur, Pringsewu, Pesawaran, Tulang Bawang Barat, dan Tulang Bawang yang mengirimkan wakil-wakilnya dari berbagai tingkatan mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Ketua Umum Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) Lampung, Hermanto, MT, menyatakan bangga dan apresiasinya para peserta yang menampilkan seluruh atraksi di berbagai kategori sangat baik.

“Pada VMBC ke dua ini, peserta yang tampil sangat bagus dan rapi. Memang sulit menilai dengan peserta yang rata-rata memiliki kelebihan dalam penampilan seperti ini. Fybi sangat berterima kasih kepada seluruh perwakilan kabupaten dan kota yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. Tentu bagi FYBI ini juga dalam rangka melirik bakat-bakat dari daerah untuk kelak menjadi tim inti FYBI provinsi,” katanya Sabtu 12 Oktober 2024, usai melepas peserta VMBC di kawasan PKOR Bandarlampung.

Hermanto menegaskan bahwa olahraga ini merupakan olahraga beregu yang memerlukan latihan rutin dan kebersamaan yang baik.

“Olahraga dan seni tergabung di drumband dan ini merupakan satu cabang olahraga yang memerlukan kebersamaan dan tingklat konsenterasi dan ketahanan fisik yang prima. Anak-anak kita ini sudah luar biasa dapat memainkan berbagai alat dengan harmonisasi musik dan gerak yang bagus,” tambahnya.

Untuk persiapan Festival Olah Raga Nasional (Fornas) VIII di NTB 2025, FYBI Lampung juga sedang menyiapkan tim untuk bisa dikirim ke acara tersebut.

“Kami juara umum di Jawa Barat, dan tentu Fornas berikutnya ini lebih berat bagi kami untuk mempertahankannya. Mencapai barangkali lebih mudah dibandingkan mempertahankan. Namun tekad kami terus menjadi yang terbaik adalah bekal untuk menyemangati dalam setiap langkah dan persiapan kami. Mohon doanya, agar kami juga banyak mendapatkan support dari KORMI maupun Dispora Lampung untuk hal tersebut,” katanya.

Hermanto mengatakan bahwa rencana terdekat FYBI Lampung adalah mengikuti kejuaraan Indonesia Terbuka Marching Band Competition piala Menpora yang akan dilaksanakan 27 Oktober 2024.

“Ini yang terdekat. Anak-anak tahun lalu juga meraih medali Emas di sini. Semoga bisa dipertahankan bahkan bertambah untuk kategori lainnya. Sambil menyiapkan tim untuk Fornas tahun depan di NTB. Satu lagi rencana besarnya adalah mengikuti lomba di Italia, Desember 2024 karena PP FYBI tidak jadi mendaftar di Pasadena USA.” Tambahnya.


Kompetitif

Sementara itu Wakil Ketua FYBI Lampung, Prengky mengatakan bahwa dalam pelaksanaan VMBC II ini pesertanya lebih banyak, meskipun belum memenuhi ekspektasi panitia, namun secara mutu, peserta rata-rata sangat baik.

“Kami sangat bangga, bahwa drumband berkembang pesat di Lampung khususnya klub-klub dari sekolah bahkan sejak TK, SD, SMP dan SMA. Ini pertanda baik bagi perkembangan drumband di Lampung,” kata Prengky.

Dalam pelaksana VMBC ke II ini lebih kompetitif dan persaingan ketat. Sehingga juri harus sangat jeli menentukan siapa pemenangannya.

“Peserta kali ini meningkat. Kami melombakan lima kategori yakni Cultural Parade, Konser, Pianika Ansamble, Percussion Ansamble dan Colour Guard Contest. Dan mereka luar biasa perkembangannya cukup bagus baik secara personal maupun tim. Terima kasih kepada para juri yang bekerja dengan baik dan penilaian sangat fair,” tambah Prengky.


Para pemenang di masing-masing divisi meraih Piala Gubernur dan uang pembinaan. Untuk TK uang pembinaan Rp500 ribu, SD uang pembinaan Rp750 ribu, SMP Rp750 ribu dan SMA Rp.1 juta.

Berikut para pemenang VMBC ke-II 2024:

Divisi TK: TK PTPN 7 Way Galih

Divisi SD : SD Kartika II Bandar Lampung

Divisi SMP : SMPN 1 Way Jepara Lamtim

Divisi SMA : Sman 1 Bandar Lampung

Divisi umum Brass : MAN 1 Bandar Lampung.

(don)