Ratusan Pemanah Berkuda Ikuti Kejuaraan Nasional Piala Gubernur Lampung 2023

DL/Lampung/Sport/23122023

---- Ratusan atlet pemanah berkuda (berkuda memanah) dan pemanah (on ground) dari berbagai daerah di Indonesia hadir dalam kompetisi yang diberikan titel National Competition Horseback Archery  (Kejuaraan Berkuda Memanah nasional) Piala Gubernur Lampung 2023 di Lapangan Korpri Telukbetung Bandarlampung, Sabtu-Minggu 23-24 Desember 2023.

Ini event terbesar yang pernah digelar di Lampung khususnya untuk cabang olahraga berkuda dalam disiplin Horseback Achery. Dan kali ini sebagai pelaksana teknisnya adalah Perdana Lampung yang didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung sebagai representasi pemerintah Provinsi Lampung.

Pada opening ceremony yang dilaksanakan Sabtu pagi dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaedi. Dalam sambutannya Arinal menyambut baik event ini, yang ternyata olahraga memanh berkuda memiliki massa yang sangat banyak dan memberikan kesan bahwa olahraga ini sangat digemari masyarakat belakangan ini.

“Panahan berkuda atau horseback archery merupakan olahraga memanah dengan menunggang kuda. Olahraga ini masih asing ditelinga masyarakat. Olahraga ini tidak hanya menunjukkan kelihaian memanah di atas kuda, tapi juga keindahan.” Kata Arinal.


Berkuda dan memanah, lanjut Gubernur Lampung, merupakan olahraga yang disunahkan oleh Islam karena merupakan olahraga kegemaran Rasulullah.

“Olahraga panahan berkuda ini tidak hanya bermanfaat untuk melatih fisik, tapi melatih fokus, kepemimpinan serta respon dalam menyikapi kuda yang ditunggangi, meningkatkan kesabaran, membangun kepercayaan diri, meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan serta keseimbangan.” Tambah Gubernur Arinal.

Arinal menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang mengikuti perlombaan agar menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, untuk meraih prestasi dengan perjuangan yang tinggi demi berjayanya olahraga Lampung.

“Semoga kejuaraan ini dapat meningkatkan pengembangan olahraga panahan berkuda di Lampung serta muncul atlet berprestasi tingkat nasional dan internasional.” Ungkap Arinal.

Dari data panitia diperoleh keterangan tentang peserta yang turun di arena ini yakni dari Kalimantan, Sulawesi, Pulau Jawa, Sumatera, dan Papua. Tidak kurang dari 400-an peserta yang terdiri dari peserta memanah berkuda (On Horse) dan pemanah (On Ground) putra dan putri.

Pelaksanaan akan dilakukan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu di lapangan Korpri komplek Kantor Gubernur Lampung, Telukbetung.

Dalam pembukaan itu juga hadir ketua Perdana Pusat, Pengurus Pordasi Lampung serta Forkompimda Lampung. (Djoen)