Ratusan Petinju Sumatera Ikuti Piala Gubernur Lampung 2023

DL/Bandarlampung/Sport/15122023

---- Ratusan Ptinju dari berbagai daerah di Sumatera turun di Kejuaraan tinju terbuka piala Gubernur Lampung 2023, yang berlangsung di Hall B kawasan PKOR Way Halim Kota Bandarlampung, 12-16 Desember 2023.

Gubernur Lampung Arinal Djunaedi melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda menegaskan bahwa dalam ajang Gubernur Cup ini memang mengkhususkan bagi petinju-petinju muda untuk memberikan wahana bertanding dan berkompetisi sejak dini.

Namun demikian Descatama berharap ajang ini bias menjadi tolok ukur dalam prestasi anak-anak muda, yang pada gilirannya akan menjadi atlet andalan di provinsi Lampung khususnya.

“Sesuai pesan pak Gubernur bahwa ajang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjukkan prestasi anak muda. Yang muda yang berprestasi demi Lampung Berjaya. Kami akan terus mensupport berbagai kegiatan kepemudaan yang positif untuk meningkatkan kualitas generasi muda sebagai penerus pembangunan di segala bidang,” kata Desca.

Secara pribadi Desca mengaku senang dengan perkembangan prestasi tinju Lampung belakangan ini, maka dari itu dia mengajak semua pihak untuk membantu dalam terus mengembangkan tinju Lampung secara massif sejak usia dini.

“Prestasi ini kan prosesnya panjang. Bukan seperti hujan jatuh dari langit. Ini semua ada jenjang dan proses yang sangat panjang da nada peran banyak pihak di sana. Maka dari itu, mari kita bergandeng tangan untuk menciptakan prestasi olahraga Lampung di kancah nasional dan internasional,” ajaknya.

Sementara itu ketua Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Pengprov Lampung yang baru, Hermanto ST mengaku sangat bangga dengan kiprah para petinju Lampung yang ternyata sangat aktif dan semangat dalam setiap even pertandingan.

Selain itu dia juga mengucapkan terima kasih dan selamat datang untuk para peserta Turnamen Piala Gubernur 2023 ini. “Selamat datang kepada seluruh peserta dari luar Lampung, terima kasih atas partisipasinya dalam kejuaraan kali ini. Semoga kita terus dapat meningkatkan prestasi tinju di daerah masing-masing juga untuk Indonesia,” katanya.

Kepada mediasenior.id, Hermanto mengatakan bahwa awal kepemimpinannya di Pertina Lampung tetap akan memperhatikan pembinaan pada pembinaan petinju usia dini dan muda, karena menurutnya ini merupakan pembinaan yang secara estafet menjadi tanggungjawab pengurus Pertina.

“Ya tentu kita tidak melulu melihat yang sudah berprestasi saja. Apapun itu, pembinaan adalah menjadi tugas Pertina yang juga harus bekerjasama dengan sasana-sasana tinju sebagai pemilik atlet atau petinju binaan. Saya berharap mereka juga terus melakukan koordinasi dengan Pengprov Pertina Lampung secara baik. Ini semua demi kemajuan tinju di Lampung,” ungkapnya.

Hermanto berpesan semua pihak yang terkait tinju bisa mengedepankan kebersamaan, agar semua bias berjalan dengan baik. “Tidak mungkin kita berjalan sendiri-sendiri. Mari kita menyatukan tekad kita bersama-sama dan bekerjasama sebagai sebuah tim yang solid. Menurut saya itulah satu-satunya jalan untuk berprestasi tinggi.” Ujar Hermanto.

Pertandingan tinju yang diikuti ratusan petinju dari beberapa daerah di seluruh Sumatera itu berlangsung sejak 13 hingga 16 Desember besok, dan hari ini sudah beberapa yang memasuki babak semifinal dan final. (sup)