Loloskan Delapan Karateka, Lampung Bisa Main 10 Nomor di PON XXI

DL/Bandarlampung/Sport/01092023

---- Tim Karate FORKI Lampung meloloskan 8 karateka pada Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut 2024, yang dilaksanakan di Banjar Baru Kalimantan Selatan 25 Agustus 2023.

Lampung mengirimkan 13 karateka putra dan putri yang bermain untuk Kata putra dan putri sert Kumite putra dan putri.

Pelatih kepala tim FORKI Lampung, Suryadi mengatakan bahwa Lampung akhirnya mampu mendapatkan 8 tiket ke PON XXI Aceh-Sumut dalam BK PON tersebut.

“Kami lolos 8 karateka, namun kami bisa bermain untuk 10 nomor, yakni nomor tambahannya beregu putra dan putri. Atletnya diambil dari 8 yang lolos itu,” kata Suryadi via selulernya Jumat malam 1 September 2023.

Lebih lanjut Suryadi mengatakan bahwa peluang yang ada saat ini memang tidak jauh berbeda dari sebelumnya, namun dia mengatakan optimistisnya untuk bisa melakukan perbaikan prestasi dari PON sebelumnya.

“Kita kan harus selalu optimistis, jadi target lolos sebanyak-banyaknya itu bukan yang utama. Namun justru itu sasaran antara menuju target perolehan medali yang sesungguhnya. Saya tidak bicara berapa perolehan medalinya kelak, tetapi bagaimana cara menyiapkan anak-anak kita ini dengan maksimal lebih dahulu. Itu saja,” katanya.

Dari delapan nama yang lolos ada dua lolos dengan predikat medali Emas yakni Ari Saputra di kelas -60kg putra, dan medali Perunggu atas nama Ocnil J Simarmata katagori Kata Putra.

Enam karateka lainnya yang lolos dengan predikat peringkat 6 besar adalah:

1. M Taufik kelas 55kg putra

2. Sin Ahmad Qodri kelas -80kg putra

3. Wisnu Prayoga kelas +80 Kg putra

4. Ida Seri Devi kelas 50kg putri

5. Ayu Sulistiandari kelas -61 putri

6. Dwi Ayu Agustina kelas -68 putri

Selanjutnya, tambah Suryadi, akan disusun program latihan yang rutin sambal menunggu kepastian dari KONI Lampung waktu untuk pelatprov atau Training Centre dilaksanakan. (d)