Untuk Sinergi Mendukung Prestasi, Pengurus FYBI Bertemu Orang Tua Atlet

DL/Bandarlampung/sport/01052023

----- Langkah konkrit yang dilakukan kepengurusan Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) provinsi Lampung untuk mengumpulkan para orangtua atlet untuk mensinergikan pemikiran, mendapatkan sambutan hangat dan positif.

Tidak kurang 30-an orangtua atlet FYBI Lampung berkumpul bersama pengurus FYBI di PKOR Way Halim Bandarlampung, Senin 1 Mei 2023.

Kegiatan ini tujuannya untuk memberikan penjelasan terkait kegiatan para atlet yang selama ini sedang mempersiapkan tim untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di Bandung Juli mendatang.

“Kami ingin bahwa seluruh orangtua tau apa yang dilakukan para putra-putrinya. FYBI mempunyai tanggungjawab besar untuk membina anak-anak yang termasuk dalam tim ini. Maka dari itu, kami mengundang orangtua mereka untuk berdiskusi,” kata Hermanto, ketua umum FYBI provinsi Lampung.

Tujuan utamanya, kata Hermanto, untuk memberikan informasi yang jelas mengenai FYBI dan segala aktivitasnya. “Kami sudah sampaikan kepada para orangtua atlet apa saja yang ada di FYBI, dan program untuk berbagai perlombaan baik nasional maupun internasional, sehingga mereka paham karena anak-anaknya latihan dalam jangka waktu cukup panjang,” tambahnya.


Jalan ini ditempuh sebagai upaya untuk mensinergikan dalam membangun prestasi secara teamwork. “Bagi kami, FYBI hanya sebuah organisasi yang mengurus atletnya. Namun untuk menemukan situasi yang baik harus melibatkan orangtua atlet. Karena di sini adalah kerja tim. Orangtua kami pandang sebagai salah satu faktor penentu non teknis. Do’a orang tua, merupakan satu hal yang sangat penting. Restu orangtua menjadi penyemangat atlet kami,” katanya.

Bahkan, tambah Hermanto, dukungan itu tidak hanya moril, kemungkinan juga materiil. “Orangtua mendukung dan membiayai anaknya pulang pergi latihan, memberikan gizi, vitamin dan berbagai hal lainnya adalah bentuk dukungan riil yang selama ini sudah dilakukan orangtua. Dan penting untuk diberikan apresiasi demi prestasi tim ini,” ungkap Hermanto.

Sementara salah satu orang tua atlet yang dalam pertemuan tersebut memberikan tanggapannya, justru sangat berterima kasih dengan pertemuan semacam ini agar mengetahui lebih jelas apa saja yang ada di FYBI.

“Kami seratus persen pasti mendukung anak kami, bahkan untuk hal-hal lain kami juga persiapkan, karena kami ingin anak kami dan tim ini berprestasi tinggi. Tentu ini juga harapan dari semua orang tua. Keseriusan anak-anak memilih olahraga ini tentu untuk meraih prestasi, bukan hanya untuk bermain-main. Makanya kami sangat mendukung pertemuan seperti ini yang melibatkan keluarga atlet,” ungkap seorang ibu atlet asal Pesawaran.

Dalam rangka Fornas ini, pengurus juga menyampaikan situasi dan kondisi pendanaan yang ada saat ini, mengingat FYBI adalah olahraga beregu dengan kuantitas atlet yang cukup besar.

Agenda kegiatan FYBI Lampung sepanjang tahun ini akan sangat sibuk. Selain akan mengikuti Fornas di Bandung pada Juli 2023, juga akan mengikuti Festival FYBI Asean di Bali mewakili FYBI Indonesia pada Oktober 2023.

Kemudian FYBI juga sedang menyiapkan rekaman satu paket penampilan FYBI dalam nomor Parade yang terdiri dari 70-an personil untuk dikirim ke Festival di Pasadena, Amerika Serikat tahun depan. (don)