Final AFF 2023: Malam Ini, Peluang Thailand Lebih Besar

DL/SPORT/Kuala Lumpur/13012023

---- Dua raksasa sepakbola Aisa Tenggara, kini berada di kubu dua negara yakni Vietnam dan Thailand. Dalam sepuluh tahun terakhir, dua negara ini menguasai perhelatan berbagai turnamen Asia Tenggara, termasuk SEA Games.

Kini dua tim ini bertemu di final Piala AFF 2023 dalam dua leg. Leg 1 akan dimainkan di My Dinh National Stadium Vietnam, tempat di mana Indonesia harus kandas di semifinal dengan skor 0-2 dari Vietnam.

Namun Thailand bukanlah Indonesia. Thailand dalam ritme permainannya terus menanjak sejak turnamen AFF U-23 ini digelar akhir tahun 2022.

Terakhir, Thailand mampu menghentikan “Harimau Malaya”, Malaysia yang kini ditangani pelatih asal Korea Selatan Kim Pan-gon, dengan skor meyakinkan 3-0, setelah mereka kalah di kandang Malaysia 0-1, sepekan sebelumnya.

Padahal, Malaysia beberapa hari sebelumnya berhasil menerobos semifinal setelah membantai Singapura

Sementara Vietnam dipenyisihan grup baru bisa mengalahkan Malaysia yang diperkuat legiun Sergi Aguero, Brendan Gan dan Stuart Wilkin bermain dengan 10 pemain.

Dari sisi trend bermain, Thailand punya grafik naik, meskipun Vietnam juga sedang meninggi, namun terlihat tidak stabil.

Malam ini, akan membuktikan bahwa Thailand datang ke Hanoi dengan mengusung kekuatan penuh dengan harapan bisa mencetak gol ke gawang Dang Van Lam, pemain Vietnam berdarah campuran Rusia.

Sementara dengan pengalaman bermain melawan Indonesia sebelumnya, Vietnam pasti akan memaksimalkan serangan dengan banyak gol ke gawang Thailand melalui pahlawan yang meloloskan mereka, yakni Nguyen Tien Linh.

Perang Lini Tengah

Park Hang-seo akan berupaya sekuat tenaga memompa adrenalin anak-anak asuhnya dalam laga-laga terakhir sebelkum dia meninggalkan Vietnam setelah lebih dari 3 tahun mendandani sepakbola Vietnam itu.

Lini tengah Vietnam yang terdiri dari Nguyen Thanh Chung; Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, dan Nguyen Hoang Duc menjadi tumpuan dimana aliran bola untuk serangan “angin puyuh” mereka melalui striker berbahaya bernomor punggu 22, Nguyen Tien Linh.

Sedangkan Thailand dengan penampilan trengginas Bordin Phala cs yang juga membuat Malaysia kocar-kacir itu akan memberikan jawaban sejak dari lini tengah.

Ada dua penggedor gawang lawan yang andal di kubu Thailand yaitu Teerasil Dangda dan satu penyerang muda, Adisak Kraisorn, yang siap mengejutkan

Seperti pakemnya tim tamu yang akan bertanding di leg 1, Thailand akan cenderung bertahan dengan serangan balik yang cepat. Dengan mengandalkan para pemain mudanya yang berkemampuan lari cepat.

Sementara Vietnam akan memforsir serangan dengan gol maksimal diciptakan, memanfaatkan situasi sebagai tuan rumah dengan dukungan penonton yang luar biasa.

Namun Thailand sebuah tim yang sangat tidak terpengaruh hiruk pikuk penonton dimanapun mereka bermain. Dan inilah salah satu keunggulannya. Thailand lebih berpeluang menang ketimbang Vietnam malam ini. Minimal mereka memaksakan hasil seri.

Pertandingan Vietnam vs Thailand ini dijadwalkan kick-off 19:30 WIB, live di iNews TV.

Prakiraan Pemain kedua tim:

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam; Doan Van Hau, Bui Tien Dung, Ho Tan Tai, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh. Pelatih: Park Hang-seo

Thailand (4-5-1): Kampol Pathomakkakul; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Ekanit Panya, Peeradon Chamratsamee, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala; Teerasil Dangda. Pelatih: Alexander Polking.

(timsport)