SMAN 1 Terusan Nunyai Gelar Gerakan Menulis Serentak Peringati Hari Guru dan Bulan Bahasa

DL/Lamteng/28112022

---- Dalam rangka memperingati Hari Guru dan Bulan Bahasa tahun 2022, Perpustakaan SMAN 1 Terusan Nunyai, Lampung Tengah mengadakan Gerakan Menulis Serentak (Germtak) yang diikuti seluruh warga sekolah baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswa-siswi SMAN 1 Terusan Nunyai pada Jumat 25 November 2022.

Kegiatan ini digagas oleh Septiyana Natalia, S.Pd, guru bidang Seni dan sekaligus salah satu Sastrawati Lampung yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Kegiatan tersebut didukung oleh Kepala Perpustakaan SMAN 1 Terusan Nunyai yakni Dwi Hendriyani, S.Pd. “Harapannya kegiatan ini menjadi salah satu upaya meningkatkan literasi di sekolah tercinta dan menjadi penyemangat para siswa-siswi untuk gemar menulis,” kata Dwi Hendriyani.

Germtak ini bertema “Guruku Inspirasiku”. Para siswa-siswi mengungkapkan curahan isi hatinya dalam cerita mini yang bersumber pada tokoh seorang guru yang menjadi idola dan menginspirasi baginya.


Kegiatan ini dibuka Dra. Ratnawati, M.Pd selaku Kepala Sekolah Penggerak Literasi yang ditandai dengan pemukulan drum dan penyematan selempang Duta Literasi Sekolah tahun 2022.

Siswa-siswi yang terpilih sebagai Duta Literasi Putra yaitu M. Afsal Santoso dan Filia Aziza Nathanael Subiyanto sebagai Duta Literasi Sekolah putri, dan sebagai The Best Student/Duta Tannos tingkat Nasional atas nama Zebua Trizga Romadona.

Juri dalam kegiatan ini diambil dari beberapa unsur di sekolah seperti Guru Bahasa Indonesia dan dari tim Penerbit Inspro Pustaka yang sekaligus akan berkolaborasi untuk menerbitkan buku hasil karya-karya dari siswa dan guru 30 terbaik pada kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan menulis serentak yang diikuti para siswa/siswi dan para tenaga pendidik di SMAN 1 Tembusan Nunyai dapat menjadi contoh yang baik untuk sekolah - sekolah lain khususnya di Lampung dan umumnya di Indonesia,” pungkas Siti Maimunah, S.Kom selaku perwakilan Tim Penerbit Inspro Pustaka. (lis)