Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Lomba Mewarnai di Papua, Tanamkan Semangat Hari Pahlawan

DL/09112022/Papua

----- Guna menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air terhadap putra putri generasi penerus bangsa, momen hari Pahlawan Nasional 10 Nopember dimanfaatkan oleh Satgas Yonif 143/TWEJ yang bertugas di Papua, untuk menggelar acara lomba  mewarnai gambar Pahlawan bagi siswa siswi SD YPPK Yuruf  Kampung Yuruf, Distrik Yaffi Kabupaten Keerom Papua, pada Rabu 9 November 2022.

Komandan Pos Yuruf Lettu Inf Sukamto, menjelaskan tujuan dari lomba tersebut guna menumbuhkan jiwa nasionalisme dan kepahlawanan kepada anak-anak sejak dini.

Hal ini sangat penting, karena jangan sampai generasi muda saat ini tidak mengenal pahlawan nasionalnya yang telah berjuang demi tegaknya NKRI.

“Satgas Pamwiltasrat Statis RI - PNG Yonif 143/TWEJ mengajak Siswa/i SD YPPK Yuruf dalam rangka mengisi peringatan Hari Pahlawan Nasional dengan menggelar acara lomba mewarnai gambar Pahlawan Nasional. Ini kami lakukan agar anak-anak memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, cinta tanah airnya serta menghormati dan mengenal para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan negara," jelasnya.

Dikatakan Lettu. Sukamto, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat ini bukan hanya menjadi pepatah semata, namun hal ini diaplikasikan oleh Prajurit Yonif 143/TWEJ dengan mengadakan kegiatan ini.


“Sekolah Dasar tersebut merupakan satu-satunya  tempat atau sentra pendidikan mulai dari Kampung Yuruf, Onggorobo, Akarinda, Amgotro, Jiffangri yang merupakan wilayah dari Distrik Yaffi dan Distrik Web di Kabupaten Keerom, Papua,”katanya.

Tidak hanya itu, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Pos Yuruf Lettu Inf Sukamto prajurit Yonif 143/TWEJ, juga diisi dengan acara dialog dan berkomunikasi dengan dewan guru yang ada.

Bahkan, Bapak Ondo Api yang berada di sekitar Pos Yuruf juga diajak untuk menanamkan jiwa patriot serta cinta tanah air seperti mengenal para pahlawan yang telah gugur.

“Diharapkan generasi mendatang dari wilayah ujung Nusantara ini muncul kader-kader nasionalis bangsa yang mumpunyai jiwa dan semangat nasionalisme yang tegak lurus sehingga dapat melanjutkan estafet perjuangan bangsa Indonesia dimasa mendatang.” Tambahnya.

Dengan nilai-nilai dan semangat perjuangan hari pahlawan ditanamkan jiwa kesatria, lanjut Lettu Sukamto, rasa memiliki bangsa dengan satu tujuan yaitu keadilan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat warga negara indonesia.

“Kami di sini hadir di tengah masyarakat, bukan hanya sebatas melaksanakan tugas pengamanan perbatasan semata, namun keberadaan kami di sini berusaha menjadi  salah satu solusi dalam membantu mengatasi kesulitan atau permasalahan keluarga kita," tegasnya.

Sementara, antusiasme siswa dan siswi SD YKKP Yuruf dalam mengikuti kegiatan lomba sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan tersebut mulai dari kelas 4 hingga kelas 6 SD.

Salah seorang dewan guru, Lusi, perwakilan dari pihak sekolah mengatakan, pihaknya merasa bangga dan berterimakasih kepada semua anggota Pos yang telah membantu pihaknya dalam meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme kepada para murid di sekolah itu.

"Terima kasih bapak-bapak TNI yang perhatian kepada kami, sungguh perhatian yang luar biasa. Kami bangga, karena bapak-bapak TNI peduli untuk mencerdaskan anak bangsa di dunia Pendidikan,” katanya.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah untuk para peserta lomba yang karyanya memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dewan juri. (Gun/Rls)