Irwan Alwi: Binaraga Harus Bersih dari Doping

DL/Sport/Karawang/30102022

---- Dentuman keras menghantam cabang olahraga Binaraga Indonesia dengan terbuktinya empat Binaragawan positif doping di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Ini merupakan tamparan keras dan tantangan yang sangat serius bagi organisasi  cabang olahraga body builder Indonesia, mengingat baru beberapa bulan sebelumnya Binaraga Kembali disetujui untuk dipertandingkan di PON XXI Sumut-Aceh 2024.

Keputusan KONI Pusat itu disertai persyaratan yang sangat berat. Yakni memberikan hukuman seumur hidup tidak boleh berkecimpung di cabang olahraga Binaraga, bagi atlet yang tertangkap melakukan doping.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI), Irwan Alwi mengeluarkan ultimatum keras terkait doping ini.

“Saya tegaskan, ini adalah keputusan final. Jika terdapat atau terbukti doping maka habislah karir atlet. Seumur hidup dilarang berkegiatan di Binaraga,” katanya kepada detiklampung.com disela timbang badan para Binaragawan di Swissbellin Karawang, Sabtu 29 Oktober 2022.

Irwan mengakui bahwa dalam cabor ini memang sangat rawan akan doping, apalagi dalam olahraga ini memerlukan banyak suplemen sebagai pendukung pembentukan otot si atlet.

“Ya memang sangat rawan dan sangat dekat dengan obat-obatan. Namun bagaimana kita saja, tergantung diri masing-masing. Waspada itu lebih baik. Berprestasi bisa kok tanpa doping. Banyak itu atlet Binaraga yang sukses tanpa doping,” katanya.

Irwan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir dengan alasan apapun jika mendapati Binaragawan melakukan doping, maka akan berakhir karirnya mulai saat itu.

“Menghadapi Pra PON, bahwa semua atlet yang akan terjun ke sana kami akan terus awasi sejak Kejurnas bulan Desember nanti. Setiap tahapan harus diawasi dengan ketat. Sebab bukan tidak mungkin ada pihak-pihak yang dengan sengaja memberikan ruang kepada atlet untuk melanggar hal ini demi meraih suatu prestasi. Test akan kami lakukan selalu setiap iven,” tambahnya.

Irwan mengimbau semua pihak agar menyadari sepenuhnya risiko yang disampaikan oleh KONI Pusat atas cabang olahraga Binaraga. “Ini tantangan berat. Ini janji saya pada ketua KONI Pusat untuk menjaga marwah Binaraga mulai detik ini. Prestasi tanpa Doping,” tegasnya.

Kepada para atlet Binaraga yang berbakat, Irwan mengajak untuk bekerja keras dan terus bertindak sportif. “Untuk meraih prestasi intinya kerjas keras dan sportivitas. Itu saja,” ungkapnya. (don)

Tags