Fauzan Bertekad Ke Mekkah Gowes Sepeda, Berbekal Kurma dan Madu

DL/06012021/Mesuji

----- Adalah seorang pemuda bernama Muhammad Fauzan (28) pendudukan Kota Malang Jawa Timur, yang mempunyai tekad untuk sampai ke Mekah dan naik haji dengan bersepeda dan mengawali perjalanannya dari alun-alun Kota Malang pada Kamis, 4 November 2021.

Apapun selalu masuk akal. Termasuk apa yang akan dilakukan Fauzan ke Mekah bersepeda ini. “Saya sejak masih sekolah sudah punya cita-cita untuk bisa belajar ke Mekah dan naik haji.” Ujar pemuda bergelar MH dari Universitas Islam Negeri (UIN) Magelang itu.

Fauzan mampir di desa Simpang Pematang Mesuji pada Jumat, 31 Desember 2021 disambut Pengurus Daerah  Pemuda Muhamadiyah (PDPM) Kabupaten Mesuji. Fauzan menyempatkan bersilaturahmi berisirahat beberapa waktu sebelum melanjutkan perjalanannya.

Terkait persiapan yang dilakukan sebelumnya, Fauzan mengaku hanya biasa saja, tanpa persiapan khusus. “Ndak ada yang khusus. Hanya mungkin untuk jaga imun dan stamina saya selalu stok kurma dan madu," tambahnya.

Karena, tambah Fauzan, sebenarnya sejak lama dirinya sudah bercita-cita mengunjungi Mekah sejak masih duduk di bangku Kuliah, bahkan saat kuliah dirinya beberapa kali mengajukan bea siswa ke Arab Saudi namun masih juga gagal.

"Saat di Pondok Pesantren, karena saya Hafiz Qur’an, saya dapat beasiswa S1. Namun hanya ke kota Makasar. Begitupun setelah selesai S1, saya kembali dapat beasiswa, tapi juga  beasiswa lokal di UIN kota Malang. Jadi ini ikhtiar saya untuk sampai ke Mekah dan ingin naik haji dengan bersepada," timpalnya.

Ditanyakan target untuk sampai Mekah, Fauzan optimis pada Juni 2022 dia sudah sampai di kota Mekah. "In Syaa Allah Juni sampai. Mohon do’anya dari kawan-kawan," Ungkapnya. (sup)