Keren, Niat Lampung-Banten Jadi Tuan Rumah PON XXIII Banyak Dukungan Ketum KONI

DL/Aceh/Sport/PON/08092024

----- Kemajuan pesat pada rencana pengajuan tuan rumah PON antara Lampung-Banten. Dalam pertemuan para Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Indonesia yang saat ini sedang berkumpul di Provinsi Aceh, rata-rata sepakat dan mendukung rencana itu.

Pada pertemuan KONI Pusat dengan sejumlah Ketua Umum KONI di tanah air, yang berlangsung di Rumah Makan Banda Sea Food, di Banda Aceh, Sabtu malam, salah satunya membahas tuan rumah bersama Lampung dan Banten pada PON XXIII/2024.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman yang memimpin pertemuan tersebut justru memberikan salah satu pokok bahasan terkait niat Lampung dan Banten dan sejumlah ketua KONI Provinsi yang hadir saat itu mengatakan persetujuannya.

Dari pantauan media ini beberapa ketua KONI yang sudah hadir di Aceh antara lain ketua KONI NTT, NTB, Kaltara, Jawa Barat, Bengkulu, Yogyakarta dan IKN, serta Lampung dan Banten.

Marciano Norman dalam kesempatan itu ingin mendengarkan dan masukan terkait pelaksanaan PON Aceh dan Sumut, termasuk rencana Lampung dan Banten yang berniat menjadi tuan rumah bersama.

Ia juga mempersilahkan KONI Lampung dan Banten untuk memaparkan kesiapan dan rencana menjadi tuan rumah PON.

Ketua Umum KONI Lampung Arinal Djunaidi dalam kesempatan itu meminta dukungan baik KONI Pusat dan KONI se Indonesia terkait keinginan Lampung dan Banten tuan rumah PON XXIII.

Arinal Djunaidi dalam kesempatan itu memaparkan sejumlah keunggulan daerah setempat di hadapan Ketua KONI Pusat dan Provinsi termasuk infrastruktur serta rencana pembangunan sport center.

"Beberapa hari lalu kami sempat viral Lampung menduduki peringkat pertama PON XXI dan itu membuat semangat kami bertambah ganda untuk serius menjadi tuan rumah PON," katanya.

Ia menyebutkan Lampung memiliki potensi yang luar biasa baik sektor pertanian, perkebunan termasuk infrastrukturnya seperti jalan, jalan tol, pelabuhan, dan lain lain.

Arinal juga telah mengusulkan pembangunan rel ganda dari Stasiun Kota Bumi Lampung Utara hingga menuju Bandarlampung.

Selain itu, ia juga telah mengusulkan pembangunan pusat sarana olahraga (sport center) di sekitar kampus Instute Teknologi Sumatera (Itera) kepada Presiden Jokowi.

"Kami telah menyiapkan lahan 170 hektar. Sekitar 100 ha untuk kompleks spor center dan sisanya 70 ha untuk pembangunan lain," ujarnya.

Arinal juga mengatakan di kawasan sport center juga nantinya juga akan digunakan kegiatan lainnya seperti konser musik sehingga pemeliharaan di kompleks sport center tak menggunakan anggaran APBD/APBN.

Ketua Umum KONI NTT Josep Nae Soi menyatakan dukungannya Lampung dan Banten menjadi tuan rumah PON XXIII/2024.

"Mendengar paparan Ketua Umum KONI Lampung terkait infrastruktur, rencana pembangunan sport center, dan lain lain. Kami NTT siap mendukung Lampung-Banten tuan rumah PON," ujarnya, diamini Ketum KONI yang hadir.

Sementara Ketua KONI Banten, Edi Hariadi mengatakan bahwa Lampung dan Banten telah melakukan MoU terkait rencana tuan rumah PON.

Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung tentang pencalonan sebagai tuan rumah bersama pelaksana Pon XXIII Tahun 2032 sudah dibuat secara tertulis dengan nomor: 100.3.7/06-pemotda/2024 dan Nomor: G/528/B.011HK12024.

Kesepakatan tersebut telah ditandatangani bersama pada Rabu 28 Agustus 2024 oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Gubernur Lampung Samsudin. (tim)