Drh Bagus: Kuda Lampung Siap Tanding Endurance 60 Km

Mediasenior/Serdang Bedagai/Sport/05092024

----- Para penunggang kuda (riders) Lampung yang akan turun di nomor (Ketahanan) Endurance, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, menyatakan siap tempur serratus persen, meski masih ada beberapa hal yang dihadapi terutama non teknis.

Demikian disampaikan Rasyid Trisandi, salah satu atlet berkuda disiplin Endurance kepada media ini di lokasi Serdang Bedagai Rabu, 4 September 2024.

“Intinya kami sudah siap serratus persen, meskipun pertandingan itu akan berlangsung pada tanggal 10 September nanti. Artinya, secara teknis, persiapan kami cukup baik. Sejak sampai di sini 28 Agustus lalu. Penyesuaian untuk Kuda, dan riders cukup lumayan. Meskipun harus diakui ada beberapa yang kurang ideal. Jalani saja,” katanya.

Rasyid mengatakan bahwa persaingan di nomor Endurance sangat keras dan ketat, bahkan pesertanya cukup banyak.

“Antusias sekali peserta di nomor ini. Dan setiap daerah mengirimkan masing-masing daerah mengirimkan tiga riders, dan seluruhnya ada 27 riders yang nanti bersaing,” katanya.

Rasyid mengatakan bahwa target yang dibebankan untuk meraih medali adalah target pribadi para riders yang semangat untuk mengukir prestasi tertinggi di PON ini,” kata dia.

Di nomor ini ada medali emas, yakni untuk beregu dan perorangan.

Sementara Drh Bagus sebagai dokter hewan yang menangani seluruh Kuda dari Lampung mengatakan bahwa kondisi kuda saat ini sudah dalam keadaan ready untuk berlomba.

“Alhamdulillah, setelah melalui perjalanan panjang, 3 hari dari Lampung. Dan kemudian proses aklimatisasi serta recovery kuda cukup baik. Dan setelah itu, kami sudah periksa seluruh kuda dalam kondisi baik dalam fitness dan kebugarannya sangat baik.” Katanya.

Menurut Bagus, kuda-kuda sudah mulai diberikan menu latihan yang sesuai dengan porsinya, agar pada waktunya nanti bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Sudah dicoba untuk menempuh trek dengan jarak 60 Km, dan dalam percobaan itu, waktu tempuhnya masih aman, antara 100 – 110 menit. Masih sesuai dengan harapan kita. Kami sekarang ini terus menjaga bagaimana pola makan kuda dan pola latihan kuda akan tetap baik. Dan ready pada saatnya lomba,” tambah Drh Bagus.

Tiga atlet yang akan turun di endurance adalah Rasyid Trisandi, Mas Legiono dan Hengky Irawan. (don)