Wirahadikusumah: Sportif Itu Marwah Porwanas

DL/Banjarmasin/19082024

---- Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XIV 2024 di Banjarmasin Kalimantan Selatan telah tiba di Banjarbaru setelah melalui penerbangan via Garuda Indonesia dari Lampung, 18 Agustus 2024.

Kontingen yang berkekuatan 100 atlet dan ofisial dari 12 cabang olahraga itu, kini sudah berada Banjarmasin untuk melakukan serangkaian latihan dan coba lapangan di masing-masing cabang olahraga,

Ada 12 cabang olahraga yang diikuti kontingen PWI Lampung, yakni Atletik, Biliar, Badminton, Bridge, Catur, Domino, E-Sport, Futsal, Tenis Lapangan, dan olahraga tradisional Banjarmasin yakni Balogo serta perlombaan teknis jurnalistik serta beberapa olahraga eksibisi untuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengatakan bahwa kehadiran kontingen Lampung di Banjarmasin ini punya misi khusus berprestasi dengan sportif, paling tidak bisa mempertahankan posisi lima besar Porwanas.

“Meski demikian, saya berharap bisa naik ranking, bisa ranking 3 atau 4 lah. Karena potensi untuk itu ada pada teman-teman. Memang mempertahankan selalu terkesan lebih sulit dari pada saat meraihnya. Namun kali ini teman-teman sudah siap dan semangat untuk meraih prestasi,” katanya.

Dari seluruh cabang olahraga yang dikirim, semua sudah membuktikan keseriusannya beberapa bulan menjelang keberangkatan melalui persiapan teknis maupun non teknisnya, yang juga didukung oleh para manajer cabor yang mumpuni.

“Saya kira kami patut bangga mendapat dukungan dari para tokoh Lampung yang berkenan menjadi manajer tim beberapa cabor yang kami kirim. Tentu ini tidak terlepas dari keikhlasan mengeluarkan dukungan finansial untuk keperluan cabor. Keikhlasan ini akan kami jawab dengan prestasi yang baik di Porwanas ini.” Tambah Wira.

Meski secara organisasi besar PWI Pusat sedang terguncang, namun Wirahadikusumah berharap ini tidak memperngaruhi pelaksanaan Porwanas secara umum.

“Saya berharap tidak ada pengaruhnya yaa. Salah satu keputusan panitia besar Porwanas yang sempat berubah hanya waktu opening ceremony saja, lantaran menyesuaikan kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga. Dan ini murni karena jadwalnya pak Menteri. Mungkin ada pergeseran jadwal pertandingan, namun ini semoga juga isa diantisipasi oleh para atlet dengan baik,” tutur boss Rilis.id itu.

Wirahadikusumah menegaskan bahwa atlet-atlet SIWO PWI Lampung diharapkan agar fokus saja pada persiapan pertandingan dan meraih kemenangan demi kemenangan, namun tetap utamanya adalah sportivitas yang tinggi.

“Jangan semata-mata cari kemenangan kalau tidak sportif. Karena bagaimanapun marwah Porwanas adalah sporitvitas. Maka dari itu, saya berharap teman-teman mengan sportif itu keren,” katanya.

Seperti diketahui pada Porwanas XIII jawa Timur 2021, Lampung menempati peringkat 5 nasional dengan 2 medali emas, 8 Perak dan 5 Perunggu.

Medali yang didapat adalah 1 Emas dari cabor Atletik dan 1 emas Biliar, Badminton 1 Perak, Futsal 2 Perak, Tenis Lapangan 2 Perak, Bridge 2 Perak, E-Sport 1 Perak. Kemudian Catur 1 Perunggu, Tenis Lapangan 1 perunggu, Tenis meja 1 Perunggu, Biliar 1 perunggu. (don)