Gebyar UMKM Agustusan Di PKOR Akan Memanjakan UMKM dan Masyarakat

DL/Bandarlampung/Humaniora/ 05082024

---- Gebyar UMKM dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang akan digelar diu kawasan PKOR Way Halim Bandarlampung, sebuah konsep yang akan memberikan citra “Pesta Rakyat” yang sesungguhnya.

Ini akan mengingatkan masyarakat Lampung adanya “Pameran Pembangunan” yang pada jaman dulu merupakan perhelatan akbar Pesta Rakyat sesungguhnya, dimana masyarakat bebas menikmati berbagai suguhan baik kuliner, hiburan dan berbagai pameran hasil pembangunan dengan gratis.

Ini diungkapkan oleh Toripin, panitia pelaksana Gebyar UMKM ini untuk memberikan informasi yang benar mengenai rencana pelaksanaan iven yang akan digelar pada 10-24 Agustus 2024 itu.

“Kami sudah memberikan berbagai keputusan terkait acara, aturan main, dan hiburan termasuk ada berbagai hadiah yang akan diperuntukkan bagi para pelaku UMKM yang ikut dalam acara ini. Diantaranya ada hiburan untuk panggung utama dengan artis-artis dangdut yang akan memberikan hiburan segar untuk masyarakat kita. Yang perlu dicatat adalah bahwa kami tidak mengenakan tiket masuk alias gratis,” kata Toripin.

Terkait sewa lapak, lanjut Toripin, panitia sudah mengatur sedemikian rupa dan tidak ada yang memberatkan bahkan rasanya sangat terjangkau bahkan murah sekali.

“Bayangkan, untuk lapak ukuran 3x3 biayanya Rp.40 ribu perhari, Lapak ini bisa dipakai bersama-sama 3 sampai 4 pelaku UMKM. Artinya, satu penyewa hanya kena iuran Rp10 ribu perhari. Bukan berarti satu lapak itu harus mengambil 3x3 untuk sendirian, kecuali memang memungkinkan dan mampu dalam kapasitas kemampuan perdagangannya mumpuni,” tambah Toripin.

Menurut Toripin, tidak ada yang memberatkan di sini. “Bagi yang kurang jelas bisa menemui panitia yang kompeten, jangan sembarang orang yang tidak mengerti konsepnya turut menjelaskan. Nanti bisa salah kaprah,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, panitia juga menyiapkan berbagai kupon undian yang akan memberikan hadiah Motor dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya untuk pengunjung dan UMKM itu sendiri.

“Pengunjung akan disiapkan hadiah dan UMKM juga akan disiapkan hadiah yang diundi. Cara dan teknisnya melalui kupon yang akan diberikan kepada para pengunjung yang belanja atau menggunakan wahana di sana.” Kata Nur Fitrianingsih, korlap UMKM mainan.

Kemudian selama Gebyar UMKM Agustusan ini, untuk pengguna jasa Wahana permainan, akan diberikan diskon Rp5 ribu perorang. Dari harga biasanya tiket Rp15 ribu, tetapi selama Gebyar UMKM hanya Rp10 ribu perorang.

Kemudian setiap beberapa tiket Wahana bisa ditukar kupon untuk diundi diakhir Gebyar UMKM dengan berbagai hadiah seperti Motor dan lain-lain.

Penghargaan

Sementara itu Kepala UPTD PKOR Way Halim, Herris Meyusep, menegaskan bahwa Gebyar UMKM ini diselenggarakan sebagai salah satu penghargaan kepada para pelaku UMKM di kawasan ini, yang selama ini sudah bekerjasama dengan baik bersama UPTD – PKOR Way Halim.

“Kami sangat berterima kasih kepada pelaku UMKM di sini yang selama sesudah kami lakukan penataan kembali beberapa waktu lalu, terus membaik dalam hal kerjasama dengan kami. Tentu ini wajar kalau diberikan penghargaan dong. Maka dari itu, ide untuk penyelenggaraan Gebyar ini saatnya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati hiburan dan kuliner di PKOR dengan leluasa. Karena tidak dipungut biaya masuk, bahkan oleh pelaksana diberikan berbagai doorprize dan hiburan artis,” katanya.

Dia berharap agar masyarakat selama memeriahkan HUT-RI tahun ini bisa menikmati Gebyar UMKM ini bersama keluarga dengan santai dan gembira. (tim)