Hadiah Jutaan, PBVSI Kota Balam Gelar Open Walikota Cup Awal Agustus 2024

DL/Bandarlampung/Sport/17072024

----- Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bandarlampung akan menggelar iven besar skala provinsi Lampung dengan titel Open Turnamen Walikota Cup III Bandarlampung yang dijadwalkan berlangsung bulan Agustus 2024.

Ini disampaikan ketua Pengkot PBVSI Kota Bandarlampung, Hermanto, S.T. kepada media ini Rabu 17 Juli 2024 di Bandarlampung.

“Kami bersama pengurus PBVSI Kota Bandarlampung telah sepakat untuk menjalankan program pembinaan dan prestasi Bola Voli terutama Indoor, akan terus memfasilitasi klub-klub untuk berkompetisi. Kali ini dalam rangka mendukung program Ibu Walikota Bandarlampung di bidang olahraga, kami menggelar kejuaraan bola voli untuk pelajar dan umum,” katanya.

Dijadwalkan untuk kategori yang dipertandingkan adalah Pelajar SMP putra dan Putri, antar klub U-17 putra dan putri, Umum putra dan U-40 keatas putra.

“Sementara kali akan menggelar 6 kategori ini, karena juga beberapa masukan teman-teman praktisi yang menyarankan dipertandingkan untuk kalangan usia diatas 40 tahun, ini juga usul yang baik dan kami akomodir. Ya tentu ini akan segera kami komunikasikan dengan ibu Walikota Bandarlampung, Bunda Eva. Karena beberapa hari lalu kami sudah dijadwalkan bisa bertemu, namun karena padatnya kegiatan Bunda Eva, maka pertemua di undur, namun prinsip Kejuaraan ini akan tetap berlangsung,” lanjut Hermanto.

Dia menegaskan bahwa open turnamen ini adalah program rutin Pengkot PBVSI Bandarlampung yang terus akan diagendakan secara teratur. Ini demi pembinaan bola vola Lampung akan terus berjalan dan kompetitif.

Hermanto mengatakan siap memback up kejuaraan ini secara mandiri dari Pengkot PBVSI Kota Bandarlampung. “Ini adalah risiko sebagai Pembina olahraga. Karena kami di sini ingin menunjukkan kami bekerja keras untuk olahraga, dan tidak mencari uang dari sini. Saya sudah banyak diberikan masukan oleh kawan-kawan tentang berbagai kendala pembinaan bola voli di Lampung ini, namun saya akan selalu fight untuk pembinaan dalam kerangka kompetisi. Saya pastikan akan berjalan,” tambahnya.

Hermanto menegaskan bahwa Bola Voli ini olahraga masyarakat yang secara tradisional akan berjalan secara rutin. Namun demikian PBVSI Kota Bandarlampung terus akan berpartisipasi untuk memberikan dorongan pembinaan agar klub di Lampung umumnya dan khususnya di Bandarlampung terus memiliki wahan berkompetisi.

“Bola voli ini olahraga masyarakat, bukan milik sekelompok atau komunitas tertentu. Dan ini harus berjalan dalam pembinaan dan harus kreatif. Kami tidak punya konsep untuk sekedar menunggu bantuan dan uluran dari pemerintah, namun kami berbuat secara konkrit. Artinya, tangan kami bekerja, bukan menengadah saja. Karena kami secara tim bekerjasama sesuai dengan tupoksinya masing-masing.” Ungkap Hermanto.

Didukung Siaran TV dan Medsos

Untuk pelaksanaannya, tambah Hermanto, panitia akan menggandeng Mitra TV Digital, baik melalui siaran terestrial maupun streaming menyiarkan secara langsung dan tunda pertandingan-pertandingan dalam iven ini.

“Untuk memasyarakatkan iven ini, kami didukung Mitra TV serta teman-teman wartawan olahraga dari beberapa media online serta tabloid olahraga mediasenior.id yang akan menyebar luaskan informasi muali dari pendaftaran hingga pertandingan dan hasil-hasilnya kepada masyarakat luas. Kami berharap Bola Voli akan bangkit menjadi cabang olahraga yang nantinya bisa lolos ke PON XXII tahun 2028. Kita ini sudah lebih dari 30-an tahun tidak lolos PON, sangat memprihatinkan. Ini kuncinya kan di pembinaan,” lanjut Hermanto.

Mengapa dipilih di bulan Agustus, ini karena sekaligus dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 79. “Yaa sekalian untuk memeriahkan HUT RI ke 79,” tambahnya.

Dalam waktu dekat ini akan segera dirilis pendaftaran untuk seluruh kategori dengan beberapa persyaratannya. “Ini masih kami godok dengan pengurus, dan segera kami rilis untuk pendaftaran dan lain-lainnya. Dan dijadwalkan akan berlangsung di GOR Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung. Kami berharap ini bisa diikuti lebih banyak klub dari berbagai kabupaten dan kota di Lampung,” Katanya. (Fer)