Lengkapi Prestasi Indonesia, Indah Permatasari Raih Emas di Asean University Games

DL/Bandaralmpung/Sport/29062024

----- Pejudo putri Lampung Indah Permatasari melengkapi sukses rekannya Mayza pada gelaran Asean University Games di Surabaya 29 Juni 2024, hari ini Indah meraih medali emas di kelas +78 Kg.

“Alhamdulillah, dua pejudo Lampung memberikan andil besar membawa nama baik Indonesia di even se Asia Tenggara ditingkat mahasiswa ini,” ungkap Darmawan, manajer tim Judo PON Lampung 2024.

Sebelumnya, Mayza lebih dahulu mempersembahkan medali Perak, di sektor putra setelah di final dikalahkan Pejudo Malaysia di kelas -90 Kg.

Setelah itu di bagian putri, giliran anak kandung pejudo Lampung Livia Susanti ini, Indah Permatasari dengan gemilang melakukan gerakan yang sangat indah untuk menghentikan perlawanan Pejudo Malaysia, Siti Roha Miszuraini dengan nilai ippon.

Setelah melakukan satu dua teknik pergumulan selama beberpa detik, Indah Permatasari mampu membalikkan badan dan dengan segala kekuatannya membanting Siti Roha dengan Ippon. Sebelumnya, di semifinal Indah mengalahkan Pejudo Indonesia lainnya Ike Faradiba Nurjannah.

Dengan demikian dua wakil Lampung yang membela panji “Merah – Putih” mampu menyumbangkan medali untuk Indonesia.

Erliyanto Yudo, pelatih teknik Indah Permatasari, mengatakan bahwa prestasi ini melengkapi capain sebelumnya dimana kedua pejudo Lampung ini juga menunjukkan kehebatannya di even Asian Championship dengan meraih medali Perunggu.

“Teknik yang diperagakan Indah sangat tepat saat di final dapat menaklukkan Siti Roha dari Malaysia dengan ippon. Ini merupakan kemenangan mutlak yang menunjukkan betapa Indah memiliki masa depan bagus di kelasnya,” kata Erly kepada mediasenior.id, Sabtu malam.

Sementara dengan hasil yang ada saat ini dapat dilakukan evaluasi yang positif. “Banyak peningkatan dalam penampilannya. Namun kita tetap berpatokan bahwa fokus kita pada pencapaian medali di PON nanti. Karena kejuaraan ini merupakan salah satu ujicoba, meski dengan lawan yang sebenarnya sangat berat juga.” Ungkap Erlyanto.

Setelah ini, masih kata Erliyanto, para atlet kembali ke pemusatan latihan Judo PON di Kota Metro untuk pemulihan kondisi staminanya. “Setelah itu kami akan mempertajam dan memfokuskan mereka untuk ke PON di Aceh Sumut nanti. Karena ini tujuan kami,” ungkapnya.

Sepulang dari Surabaya, keduanya akan kembali melahap materi dan program latihan dari para pelatihnya sebelum ke PON Aceh-Sumut mendatang. (don)