Delapan Pemain Terjaring Seleksi Masuk Tim Bulutangkis Pra POPNas Lampung

DL/Lampung/Sport/13062024

---- Empat pemain putra dan empat putri remaja Lampung masuk dalam tim inti Pra POPNAS untuk cabang olahraga bulutangkis, setelah melalui seleksi ketat selama tiga hari di gedung Bulutangkis Fajar Baru, Jatimulyo, Lampung Selatan.

Menurut Hendri Irawan, sebagai penanggungjawab seleksi pebulutangkis remaja untuk persiapan ke pra Popnas bulan November mendatang, saat ini para pemain remaja Lampung sudah mengalami peningkatan permainannya.

“Sudah mulai lebih baik. Semoga yang masuk dan terjaring seleksi kali ini bisa meloloskan diri ke Popnas tahun depan. Namun demikian, memang harus dipersiapkan secara baik sebelum keberangkatan mereka ke Solo,” kata Hendri.

Ada 20 pebulutangkis remaja putra, dan 16 putri yang turun dalam seleksi terbuka itu, baik yang berasal dari klub mauoun dari wakil sekolahnya.

Selama tiga, para pemain melakukan pertandingan dengan system ketemu, dan kemudian diambil ranking teratas di 4 besar, yang dinyatakan lolos semifinal baik putra maupun putri.

“Pada babak semifinal ini mulai terlihat kualitas mereka masing-masing. Memang melelahkan, namun ini konsekuensi dari sebuah seleksi. Meskipun sebenarny masih tahapan wajar.” Katanya.

Hasil Seleksi Prapopnas Lampung 2024 Tunggal Putri keluar sebagai juara yakni Erint Ramadhani dari Kabupaten Pesawaran. Erint di final berhadapan dengan Aisyah Adha Kusumadita dari Lampung Timur.

Pada pertandingan terjadi rubber set. Pada set pertama Erint menang dengan 21-18, kemudian Aisyah membalas di set kedua dengan skor 7-21. Namun di set penentuan Aisyah kembali kehilangan sentuhan terbaiknya dan harus mengakui keunggulan Erint Ramadhani dengan skor 21-10.

Untuk bagian putri selain erint yang lolos, juga Aisyah Adha Kusumadita dan Indriana Arum Sari (Metro) serta Khaliza Azzahra Agustina (Lampung Tengah).

Sementara di tunggal putra, Rega Aditya  wakil dari Lampung Timur menang straight set 21-12, 21-9 dari Maulana Muhammad Yusuf.

Di sektor putra, selain Rega, lolos tiga pemain lainnya yakni Maulana Muhammad Yusuf (Lampung Timur), Raditya Ramdhani (Bandar Lampung),  dan Habib Ikhrom Adh Putra (Lampung Utara).

Ke delapan pemain ini akan dimasukkan dalam daftar atlet kontingen pelajar Lampung di pra Popnas November mendatang. (don)

Sementara itu Ikkus Herdiyan, dari Dinas Pemuda dan Olahraga mengatakn bahwa rekruitmen pemain remaja ini terutama untuk kelahiran 2006, SMP dan SMA.

“Setelah terpilih ini nanti para pemain akan terus ditangani pelatih untuk mempersiapkan ke Pra POPNas untuk tunggal putra dan putri, Ganda putri dan Ganda campuran.

Peserta yang diturunkan adalah wakil-wakil dari Dispora kabupaten dan kota. Dengan system pertandingan dengan bagan tunggal putra dan putri. “Memang ada seeded bagi yang pemain dari klub terutama yang kemampuannya sebenarnya sudah terpantau,” tamba Ikkus. (don)