Saludin: Penting, Pelatihan dan Sertifikasi Praktisi Sembelih Halal Untuk Umat

DL/Bandarlampung/19022024

---- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Juru Sembelih Halal (Juleha) provinsi Lampung, Saludin, S.H., M.Si, menegaskan bahwa sangat penting membekali para praktisi penyembelihan ternak dengan pengetahuan dan keterampilan penyembelihan secara syariah halal.

Ini disampaikan Saludin saat rekaman program “Kita Bicara” di Mitra TV Indonesia, Sabtu 17 Februari 2024.

Dia mengatakan bahwa dengan alasan tersebut, maka DPD Juleha Provinsi Lampung mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Juru Sembelih Halal provinsi Lampung pada 24 Februari 2024 mulai jam 07.00 sampai 17.00 wib untuk pelatihannya, di Islamic Center Rajabasa Bandarlampung dan sertifikasi pada 1 Maret 2024 di restoran Musi Raya Bandarlampung mulai pukul 08.00 sampai selesai.

“Kami akan terus mengadakan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan serta sertifikasi Juru Sembelih Halal ini untuk merespon akan segera diberlakukannya UU tentang makanan halal yang akan diberlakukan mulai Oktober tahun ini. Sehingga seluruh Rumah Potong Hewan dengan tenaga penyembelihannya diupayakan maksimal sudah mahir, dan bersertifikat.” Kata Saludin.

Sebab, lanjut dia, jika RPH atau para penyembelih ini tidak bersertifikat, maka akan menyusahkan seluruh turunan penyembelihan hewan ternak maupun unggasnya kelak di lapangan.

Restoran, misalnya, nantinya akan dilakukan pemeriksaan kehalalan daging yang dijualnya baik dari unggas maupun hewan ternak lainnya, dan akan dilakukan tracing oleh petugas dari Kementerian Agama yang terkait dengan ini, sampai ke RPH dimana daging itu dibeli pertama.

“Nah barulah ada rekomendasi Halal atau Tidak halal dari hasil ini. Jadi tidak lagi sembarangan seperti selama ini. Bisa saja perorangan atau restoran yang memiliki tenaga penyembelih sendiri, namun harus bersertifikat juga.” Tambah Saludin.

Dalam pelatihan dan sertifikasi itu nanti ada berbagai materi penting yang akan disampaikan kepada peserta mulai dari Fiqih sembelih halal, standarisasi penyembelinan, kesejahteraan hewan, teknik mengasah bilah, dan khusus penyembelihan unggas.

Materi akan disampaikan oleh para expert dibidangnya masing-masing:

1. Ustadz Maulana Isnain, L.C.,MA. ( Dewan Syari'ah Juleha Lampung): Fiqih Sembelihan Halal

2. Dr. H. Mahmuddin Bunyamin, Lc, MA. ( Dewan Syari'ah Juleha Lampung/Asesor Produk Halal BPJPH Kemenag RI) : Asesmen/Sertifikasi Produk Halal.

2. SALUDDIN, S.H.,M.Si, (Ketua DPW Juleha Provinsi Lampung) :  Standar Kompetensi Juru Sembelih Halal

3. drh. Purnomo, M.Si ( Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung) : Kesejahteraan Hewan

4. Asep Supriadi ( Ketua DPD Juleha Kab. Pringsewu) : Pemilihan dan Teknik Asah Bilah

5. Syareat Efendi (Sekretaris DPD Juleha Kota Metro): Penggunaan APD, Simpul Tali Ikatan & Perebahan Hewan Sembelihan

6. Yogi Indra (Pengurus DPD Kita Metro) : Tekhnik Penyembelihan dan Pengetahuan tentang Buther

7. H. Maryono ( Pengurus DPD Balam): Tekhnik dan Praktek Sembelih Unggas.

Sesuai dengan leaflet yang diedarkan panitia Pelatihan dan Sertifikasi, untuk pendaftaran peserta di tutup hari ini Senin, 19 Februari 2024. (don)