Memaknai Idul Adha Dengan Merenungkan Untuk Meneladani Tingkat Kesabaran Dan Keikhlasan Nabi Ibrahim

DL/Bandarlampung/Humaniora/29062023

---- Memperingati hari raya Idul Adha sebagai ibadah sunnah sembari terus membangkitkan rasa agar terus meningkatkan kesabaran dan keikhlasan dengan meneladani nabi Ibrahim dan nabi Ismail merupakan inti dari setiap peringatan Idul Kurban itu.

Demikian Salaeman Fattah, selaku khotib yang membawakan kotbah pada Salat Idul Adha yang berlangsung di masjid Baiturahman Beringin Raya Kemiling Bandarlampung Kamis, 29 Juni 2023.

Dalam kotbahnya Sulaeman mengajak seluruh umat manusia tetap menghidupkan semangat memperingati hari hari besar Islam termasuk salah satunya memperingati sebuah peristiwa yang luar biasa dahsyat kesabaran seorang Nabi Allah, Ibrahim Alaihissalam, yang diuji dengan perintah nan berat, yakni harus menyembelih putra semata wayang kala itu, Ismail.

Namun Ibrahim sebagai seorang yang beriman tinggi dan berkeyakinan penuh kepada Allah sebagai sang Maha Pencipta, dengan perintah yang amat berat itupun tetap dijalankannya. Di sini merupakan test kesabaran dan keikhlasan tingkat Nabi yang mungkin tidak akan bisa dilakukan manusia biasa.

Bagaimana seorang ayah dengan penuh keikhlasan untuk merelakan anak kesayangannya untuk disembelih. Lalu bagaimana ternyata Ismail, yang kala itu masih sangat muda bisa menjadi akan yang luar biasa ikhlas dan sabar menerima kabar dan perintah itu untuk tetap bisa dilaksanakan oleh sang ayah, Ibrahim.

Dan Allah memberikan sebuah keajaiban tentang hal itu, dengan menurunkan seekor Qibas besar sebagai pengganti kesabaran dan keikhlasan yang benar-benar Lillahi Ta’ala itu.

Demikian Sulaeman mereview proses awalnya Idul Adha yang terus diamalkan hingga sekarang sebagai ibadah sunah bagi umat Islam.

Salat Idul Adha dihadiri ratusan jamaah yang memenuhi ruangan masjid hingga ke serambi kanan dankiri masjid. Usai Salat dilanjutkan dengan pemotonghan hewan kurban dari para pengurban sekitar masjid Baiturahhim.

Panitia Kurban menerima 21 Sapi dan 13 Kambing dari 160 pengurban di masyarakat setempat untuk didistribusikan ke warga sekeliling Masjid Baiturahim. (don)