Rangkaian HPN Lokal, PWI Lampung Akan Gelar Diskusi Nasional Medsos Bukan Produk Pers

DL/Bandarlampung/Humaniora/23062023

----- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menggagas kegiatan Clean Up Action 2023 dalam rangka semarak HPN lokal dari gerbang Sumatera, yang akan dilaksanakan bersama para mitra pada tanggal 15 sd 24 juli 2023.

Kepastian kesiapan ini dinyatakan oleh pengurus PWI Lampung pasca rapat pematangan pengurus di balai Solfian Ahmad, Jumat 23 Juni 2023.

Salah satu kegiatan yang dipandang lebih krusial untuk digaungkan juga adalah Diskusi Nasional mengangkat tema Medsos bukan Produk Pers yang melibatkan pemateri nasional pada 15 Juli 2023 (diagenda Nazwa Sihab atau Dahlan Iskan).

Sebenarnya secara garis besar kegiatan dilakukan dengan mengangkat isu lingkungan, adapun bentuk kegiatan yang adalah diskusi nasional, lomba penulisan berita, bersih pantai secara serentak se-Sumatera.

 “Karena sifatnya nasional maka ini perlu persiapan yang mantap, intinya hari ini kita sepakat untuk. Mensukseskan kegiatan besar ini secara bersama-sama,” kata Sekretaris PWI Andi S Panjaitan mewakili ketua PWI Wirahadikusumah.

Adapun item kegiatan yang akan dilakukan adalah :

1.Diskusi publik dengan tema ‘Medsos bukan Produk Pers’ melibatkan pemateri nasional pada 15 Juli 2023 (diagenda Nazwa Sihan atau Dahlan Iskan)

2.Bakti Sosial tanggal 16 Juli 2023 dengan kegiatan bersih pantai, diskusi lingkungan bersama IKWI Lampung dan para mitra.

3.Lomba burung berkicau dengan komunitas pada 24 Juni 2023 di PKOR Lampung

4.Ziarah makam pendirian dan mantan ketua PWI dari masa ke masa dengan empat rute.

5.Simbolis HUT IKWI 2023.

Hal teknis ini akan dimatangkan secara bersama-sama seperti para mitra penyelenggara dari Coca-Cola Company, pengurus IKWI dan panitia.

Mengenai kesiapan, para mitra juga sudah menyatakan kesiapannya, seperti pihak Coca-cola Company yang turut mengikuti rapat dengan diwakili Yayan.

Yayan menyebut rangkaian baksos juga akan diikuti serentak di 8-9 Provinsi se-Sumatera. “Clean Up Action 2023 ini serentak, kita bersih sampah bersama lalu kita kumpulkan dan di beli oleh Bank Sampah kita, slogan buang sampah pada tempatnya harus disempurnakan, bahwa sampah harus dimanfaatkan secara benar,” sambungnya.

Dalam format pelaksanaan, PWI dan Coca-cola company juga menggaet beberapa pihak hotel di Lampung untuk turut peduli lingkungan melalui perwakilan yang dalam suksesi acara

Selain itu juga melibatkan ratusan wartawan PWI di Lampung dengan semangat HPN tahun lalu ‘Pers Bebas Bertanggung Jawab’ dan menerapkanya dalam kehidupan sosial yang bermanfaat tak terkecuali bertanggung jawab pada Lingkungan. (lis/*)