TRC BPBD Gandeng Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji Latihan Bersama

DL/MESUJI/23042023

----- Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Anggota Tim Reaksi Cepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC-BPBD) Kabupaten Mesuji menggandeng Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji melakukan latihan bersama untuk evakuasi penyelamatan korban di permukaan air, selasa 23 Mei 2023.

Dalam kegiatan tersebut BPBD Mesuji menghadirkan Instruktur atau pelatih dari Basarnas Propinsi Lampung dan BPBD Propinsi Lampung untuk memberikan materi dan pelatihan secara langsung di lapangan terkait bagaimana penyelamatan dan penanganan korban di permukaan air.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Mesuji Drs. Sulpakar.MM., yang diwakili oleh Drs.Indra Kusuma Wijaya. MM., selaku Asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, Kepala Basarnas Propinsi Lampung, Deden Ridwansah. S.Sos. yang di wakili oleh Feriyansyah Putra dan tim, Kalak BPBD Propinsi Lampung Rudi Syawal yang di wakili oleh Kasubbid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Fendi, Kalak BPBD Mesuji Sunardi Nyerupa, SE., beserta jajarannya, Kadis Kominfo Mesuji yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Hendra Kurniawan. S.Kom.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Mesuji melalui Asisten Pemkesra menyampaikan, acara ini adalah langkah konkrit dan inovasi terpadu untuk memperkuat kemampuan anggota TRC BPBD dan Pramuka peduli untuk menangani dan merespon bencana dengan cepat dan efektif.

"Kolaborasi dengan Gerakan Pramuka memberikan kesempatan untuk mengembangkan jiwa kemanusiaan, kecakapan sosial, kemandirian dan kepemimpinan. Semoga momen ini akan bermanfaat karena bencana adalah tanggung jawab kita semua,"Kata Pj Bupati Mesuji dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Pemkesra Indra Kusuma.

Pada kesempatan yang sama Kalak BPBD kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa, SE, menjelaskan tujuan di lakukan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi skill teknis penyelamatan dan evakuasi korban bagi anggota TRC BPBD dan Pramuka Kwarcab Mesuji.

"Selain itu, juga untuk mengetahui prosedur serta langkah-langkah cepat dan tepat guna penyelamatan korban. Adapun peserta terdiri dari 30 Anggota TRC BPBD Kabupaten Mesuji dan 35 Anggota Pramuka peduli Kwarcab Mesuji," Jelasnya. (sup)