Sepakbola SEA Games 2023: Indonesia Lolos ke Final Hadapi Thailand

DL/Bandarlampung/Sport/13052023

---- Tim nasional sepakbola Indonesia U-22 yang menjadi wakil di SEA Game ke-32 di Kamboja 2023 akhirnya memenuhi harapan masyarakat sepakbola tanah air yang menargetkan tim Garuda Muda masuk final pesta olahraga se Asia Tenggara ini.

Meski terpaksa bermain dengan 10 orang di babak kedua Semifinal SEA Games di National Olimpic Stadium Phnom Penh, Sabtu malam waktu Indonesia Barat, namun pasukan Indra Sjafrie bak lolos dari lubang jarum dan memenangi laga berat ini dengan skor 3-2.

Pada pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTIplus itu, Indonesia sebenarnya bermain sangat baik menghadapi tim kuat Vietnam. Pada babak pertama kedudukan masih imbang 1-1. Gol dari Komang Teguh, disamakan oleh Nguyen Van Tung.
Namun pada babak kedua Indonesia unggul lagi pada menit ke-53. Muhammad Ferrari yang membukukan gol kedua tim Merah-Putih.

Sayangnya pemain andalan Indonesia di bek kiri, Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua delapan menit berselang karena melanggar pemain Vietnam, dan diusir wasit. Sehingga Indonesia hanya bermain 10 orang.

Sejak itu barisan pertahanan Garuda Muda terus dikurung Vietnam secara sporadis. Namun baru menit 79, Vietnam menyamakan kedudukan. Saat itu Bagas Kaffa melakukan gol bunuh diri dalam upaya membuang bola liar di kotak penalti Indonesia. 2-2.

Pada masa injury time yang seperti tidak masuk akal, karena wasit memberikan waktu 8 menit tambahan. Namun ini tetap dijalani dengan baik oleh kedua tim dalam situasi sebagian besar pemain sudah cukup lelah.

Namun pada menit 5 masa tambahan, Indonesia mencetak gol kemenangan lewat tendangan menyusur tanah Taufani Muslihuddin yang merobek gawang Vietnam. Indonesia menang 3-2. Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah.
Di babak final, Indonesia menunggu akan berhadapan dengan Thailand yang menang 3-0 atas Myanmar. Babak final akan berlangsung di National Olympic Stadium pada 16 Mei 2023.
Susunan Pemain
Indonesia
: Ernando Ari; Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh (Muhammad Ferrari 46), Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga; Ananda Raehan (Taufani Muslihuddin 46), Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman, Witan Sulaeman (Rio Ilham 64), Muhammad Ramadhan Sananta
Vietnam: Quan Van Chuan; Phan Tuan Tai, Tran Quang Thinh, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Min Trong, Nguyen Duc Phu. (ed/rctiplus)