Wirahadikusumah: Wartawan Jangan Tertinggal Dengan Kemajuan Teknologi

DL/Bandarlampung/05052023

---- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Wirahadikusumah, menegaskan bahwa kemajuan teknologi sebagai sebuah keniscayaan yang tidak bisa diabaikan. Oleh karenanya dia mengajak seluruh wartawan di jajaran organisasi PWI agar terus membekali diri dengan berbagai ilmu dan pengetahuan teknologi.

Ini diungkapkannya pada pemukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Balai Wartawan Hi. Solfian Akhmad, Jumat 5 Mei 2023 yang diikuti oleh 42 peserta itu.

"Kita harus berbenah guna meningkatkan kapasitas. Jika tidak, maka akan kalah dengan kemajuan teknologi," kata Wirahadikusumah.

Wartawan, kara Wira, dituntut untuk terus meningkatkan keterampilan dan kemampuan, agar mampu bertahan di tengah pesatnya kemajuan teknologi. ”Dengan UKW ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas rekan-rekan wartawan, dalam menjalankan tugas jurnalistik sehari-hari," jelasnya.

Wira mengingatkan bahwa dalam rangka UKW seluruh peserta harus mengeluarkan seluruh kemampuannya, karena akan dinilai sudah kompeten atau belum. Maka semangat untuk lulus harus tetap tinggi.

"Jangan khawatir tidak lulus. Sebab, jika kalian menjalankan kegiatan peliputan sehari-hari secara baik, mudah-mudahan dapat lulus," harapnya.

Kemampuan Jurnalis

Sementara itu Intizam, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, mengatakan bahwa standar kompetensi merupakan alat ukur profesionalitas wartawan. Terutama dalam hal pengetahuan kode etik jurnalistik dan kemampuan penulisan berita.

"Apalagi, saat ini pesatnya kemajuan teknologi, telah menjadi tantangan tersendiri bagi para wartawan," kata Intizam saat menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Arinal.

Sehingga, wartawan dituntut untuk terus meningkatkan keterampilan dan kemampuan jurnalistiknya.

"Karena itu, diselenggarakannya UKW ini diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut. Sehingga menjadi mitra yang profesional," harapnya.

Diketahui, UKW XXVII dan XXVIII PWI Lampung didukung oleh Pemerintah Provinsi Lampung serta Pertamina PHE OSES. (**)