FYBI Lampung Punya Target Khusus di Fornas Bandung Juli Mendatang

DL/Bandarlampung/Sport/19042023

----- Pengurus Besar (PB) Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) melalui edarannya sudah memastikan akan memperebutkan 16 medali Emas, Perak dan Perunggu pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII di Kabupaten Bandung, 2-9 Juli 2023.

Dalam buku peraturan dan petunjuk pelaksanaan lomba FYBI yang sudah diedarkan ke seluruh Indonesia menyebutkan bahwa akan ada 7 jenis lomba yang akan memperebutkan 16 medali Emas, diantaranya Culture Parade, Concert, Wind Ansamble, Percussion Ansamble, Colourguard Contest, Individual Contest, dan Marching Show.

Dari 7 jenis perlombaan ini masing-masing nomor berbeda kandungan medalinya, misalnya Culture Parade akan memperebutkan 3 medali emas yakni untuk beregu dalam Divisi Kategori Cultural Parade dan Divisi Kategori Street Marching. Satu medali emas lainnya untuk perorangan Divisi Kategori Majorette/Drum Major.

Kemudian untuk nomor Concert ada 4 medali emas yakni untuk Divisi Kategori Analisa Musik, Divisi Kategori Analisa Visual/Colorguard, Divisi Kategori General Effect dan Divisi Kategori Field Commander.

Untuk nomor Marching Show ada 5 medali emas yakni Divisi Kategori Analisa Musik Wind/Brass, Divisi Kategori Analisa Musik Percussion, Divisi Kategori Analisa Visual/Colorguard, Divisi Kategori Koreography divisi Kategori General Effect.

Sementara untuk nomor lainnya Wind Ansamble, Percussion Ansamble, Colourguard Contest, Individual Contest masing-masing memperebutkan 1 medali emas, perak dan perunggu.

Dari kategori Majorette dan Field Commander masing-masing juga ada tiga pembagian lagi yakni

Divisi Junior Non Brass , Divisi Senior Non Brass, dan Divisi Senior Brass.

Menurut Prengky wakil ketua FYBI yang membidangi teknis yakni latihan dan lomba, menegaskan bahwa dari 16 medali itu kemungkinan kontingen Lampung akan fokus untuk lima nomor yang dinggap menjadi kemampuan khusus dari anak-anak Lampung.

“Kami memang mencanangkan target, meskipun bukan artinya sesumbar. Tanpa menetapkan target, maka kami akan sulit menentukan arah. Dan oleh karenanya pengurus menargetkan paling tidak ada dua nomor yang bisa kami ambil,” tuturnya.

Lima nomor yang akan diikuti kontingen Lampung diantaranya Street Parade, Marching Show, ColorGuard Contest, Percussion Ensamble dan Brass Ensamble.

Dalam satu tim di FYBI ini sedikitnya 22 orang dan maksimal 30 orang yang memainkan alat-alat dalam satu grup, termasuk mayorete. (ati)