Fix, PSSI Lampung Akan Daftarkan Sepakbola dan Futsal Putra dan Putri

DL/Bandarlampung/Sport/08042023

----- Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung tegas akan mendaftarkan sepakbola dan Futsal untuk tim putra dan putri dalam rangka Porwil dan Pra PON 2023.

Ini diungkapkan ketua Asprov PSSI Lampung, Edy Samsu, usai rapat dengan Exco PSSI, Sabtu 8 April 2023 di Bandarlampung.

“Yaa final, kami memutuskan akan mendaftarkan sepakbola putra dan putri, demikian juga Futsal putra dan putri untuk mengikuti Pra PON maupun Porwil. Memang tidak sama, Sepakbola putra akan ikut Poril se Sumatera, sementara sepakbola putri ikut pra PON. Dan Futsal semuanya pra PON, yang masih menunggu jadwal dan tempat yang konkrit, kata Edy Samsu.

Seperti diketahui untuk Sepakbola Putra, akan bermain di Pekan olahraga Provinsi (Porwil) Sumatera september mendatang bersama 7 provinsi lainnya, minus Sumut dan Aceh yang sudah lolos karena sebagai tuan rumah PON 2024.

Dari 8 tim yang berlaga di Porwil itu nanti akan lolos dua tim lagi yakni juara masing-masing grup. “Kemungkinan Sepakbola Porwil akan dibagi dua grup, dan juara grupnya lolos. Dengan demikian Sumatera akan meloloskan empat tim ke PON 2024,” kata Edy.

Sementara di bagian sepakbola putri akan melakoni pra kualifikasi PON yang tempat dan waktunya akan segera ditentukan.

Sedang Futsal, kemungkinan akan menjalani pra PON dengan pola pembagian grup yang lebih keras, karena akan masuk di grup Sumatera ini dua tim kuat dari DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten dan Jawa Barat dan satu tim lagi dari Kalimantan.

Jika mengacu pada pola pra PON tahun 2020 di Jatinangor Jawa Barat, akan dibagi 8 grup se Indonesia, sehingga satu grup ada 4 provinsi. Pada pra PON lalu, Lampung bersama DKI Jakarta, Aceh dan Banten. Namun tahun ini belum ada kabar yang valid.

Seleksi Tim

Pelaksanaan seleksi dan pemilihan pemain tim Sepakbola Pra PON Lampung paling lambat akan dilakukan setelah lebaran Idul Fitri.

Edy mengatakan bahwa intinya dalam rapat koordinasi Exco sore ini untuk mereview persiapan tim pra PON, yang akan bertanding lewat ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Riau 2023.

“Kami sudah serahkan pembentukan tim ini kepada Wakil Ketua Asprov PSSI, Saudara Yoga Swara termasuk mencari pelatih tim ini. Dan kami berharap segera berlangsung seleksi tim ini setelah lebaran nanti,” kata Edy.

Edy menginformasikan bahwa bahan dari tim ini akan diseleksi oleh pelatih dan sebelumnya ada beberapa pemain hasil seleksi tim dari PSSI juga yang nanti akan diikut sertakan.

“Pemain kali ini kelahiran tahun 2003. Dan ada beberapa yang sedang di tim nasional atau bermain di luar Lampung. Jika usianya masih masuk, pasti akan diberikan kesempatan untuk seleksi. Dan secara mekanismenya sudah diatur sama Yoga selaku penjab sekaligus manajer tim ini,” Katanya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Yoga Swara mengatakan bahwa jadwal sudah disiapkan dan tinggal menunggu waktunya, usai lebaran akan langsung dilakukan seleksi oleh pelatih secara langsung.

“Yang mau melatih dan meramu tim serta mempunyai strategi adalah pelatih, maka kami serahkan sepenuhnya kepada pelatih kami untuk memilih pemainnya untuk tim Pra PON ini. Tujuannya sama, lolos PON,” ungkap Yoga via selulernya.

Sementara untuk Futsal tim putra dan putri sudah melakukan seleksi berjalan di Giga Sport Arena Kota Metro, dan tinggal menyelesaikan proses seleksi akhir untuk memilih 16 pemain yang akan dibawa Pra PON.

Sedangkan tim sepakbola putri belum melakukan seleksi. Diketahui ada dua pemain Lampung yang main di Tim Nasional putri, Garuda Pertiwi yang saat ini masih melakukan pertandingan penyisihan olimpiade Prancis 2024 di Lebanon. (don)