Konsisten Dalam Pembinaan, IPSI Seleksi Pesilat Berdasarkan Prestasi Porprov Lampung

DL/Bandarlampung/Sport/19032023

---- Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Lampung konsisten pada sistem pembinaan, dimana menganggap Porprov sebagai satu sesi pembinaan menuju ajang yang lebih tinggi. Dan untuk itu IPSI Lampung melakukan seleksi pesilatnya dalam rangka menghadapi pra kualifikasi Pekan olahraga Nasional (Pra PON) 2023 dengan berpedoman dari hasil Porprov.

Seleksi dilakukan di Padepokan Pencak Silat IPSI Lampung di kawasan Pahoman, minggu 19 Maret 2023 yang diikuti seluruh atlet yang sudah masuk dalam daftar IPSI Lampung.

Sekretaris Umum IPSI Lampung, Riagus Ria, menegaskan seleksi dilakukan sesuai dengan program kerja IPSI. "Seleksi ini untuk menghadapi Pra-PON. Dibagi menjadi 3 tim yang kami seleksi, yaitu para peraih medali emas Porprov ada di tim A. Kemudian di tim B peraih medali perak Porprov. Dan tim C terdiri dari hasil pantauan kami, baik dalam pelaksanaan Porprov maupun kejuaraan daerah lainnya," kata Riagus.

Seleksi yang berlangsung satu hari tersebut menggunakan sistem sirkuit dan poin dimana para atlet bertanding saling bertemu, sehingga hasil yang mereka harapkan benar-benar terbaik.

Bukan itu saja, atlet yang bertanding di Porprov saling mengahkan, akan kembali saling mengalahkan di seleksi kali ini.

"Para atlet tersebut berasal dari Kabupaten dan Kota. Ada satu kesepakatan kami Pengprov IPSI Lampung yakni Kabupaten Kota terbanyak meloloskan atletnya, maka pelatihnya akan kami masukkan dalam tim. Harapannya mereka bisa lebih membantu dalam persiapan tim menghadapi Pra-PON dan PON," lanjut Riagus.

Seleksi diikuti puluhan pesilat dari IPSI Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pringsewu dan Tanggamus. Selanjutnya atlet masuk tim inti menjadi tanggungjawab KONI dalam pembinaan. (ril/tim)