Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Susul Ke Semifinal, Kalahkan Wakil Tuan Rumah

 

DL/Kualalumpur/14012023

---- Satu dari tiga wakil Indonesia yang lolos ke semifinal Malaysia Open 2023 adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra Indonesia itu mengalahkan wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi lewat skor 14-21, 21-16, 21-17.

Sebelumnya dua wakil Indonesia dari Ganda Putri dan Ganda Campuran sudah lolos pada pertandingan pagi hari, Jumat 13 Januari 2023 di Axiata Stadium Kuala Lumpur.

Dari sektor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja melanjutkan sensasi. Pasangan anyar ini mengandaskan Kim Won-ho/Jeong Na-eun.

Sementara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva semakin menahbiskan sebagai kekuatan baru ganda putri dunia usai mengalahkan Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Dengan demikian, Idonesia menempatkan tiga wakilnya di Malaysia Open 2023, setelah dua wakil lainnya, di Tunggal Putra, Anthony Ginting dihentikan pemain tuan rumah, dan the Dady’s, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  juga gagal melaju ke semifinal.

Tiga Set

Fajar/Rian yang berhadapan dengan pasangan muda tuan rumah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi harus berjuang ekstra keras dalam pertandingan tuga set.

Pertemuan kedua pasangan ini berlangsung seru dan ketat bahkan sangat melelahkan, karena sepanjang set selalu terjadi reli panjang dengan ritme yang cepat dan tentu menguras tenaga.

Pasangan  Ong/Teo menekan pada awal set pertama dan memaksa pasangan Indonesia itu harus pontang panting bertahan, karena terus ditekan dengan drive dan smash.

Sementara Fajar/Rian melayani dengan terus berusaha bermain taktis sepanjang set pertama, meskipun harus kalah 21-14.

Set kedua, instruksi pelatih agar Fajar/Rian berusaha berganti melakukan banyak serangan, meskipun pertanahan Teo/Ong sangat kokoh laksana tembok yang susah ditembus.

Set ini milik Indonesia, setelah Fajar/Rian menuntaskannya dengan skor akhir 16-21.

Memasuki set ketiga, Fajar/Rian memberikan perlawanan yang lebih keras, bahkan terus gentian menyerang dengan smash dan drop shot.

Pada set ini masih berlangsung ketat, karena pasangan Malaysia masih cukup kokoh dalam pertahanan dan punya kecepatan menyambar bola- bola net.

Namun kepercayaan diri pasangan Indonesia sudah sepenuhnya tinggi meski terus diteror suara penonton tuan rumah Malaysia. Sebaliknya justru pasangan Malaysia mulai turun kecepatannya, bahkan Teo sudah tampak kelelahan sehingga banyak serangan Indonesia tembus di pertahanan Teo.

Alhasil Fajar/Rian mengakhiri pertandingan ini dengan 17-21. Wakil Indonesia ini melangkah ke semifinal yang akan digelar Sabtu, 14 Januari 2023 mulai pukul 11.00 wib di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan tampil di laga kedua melawan unggulan teratas, Chen Qingchen/Jia Yifan (China). Begitu pula Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang bertemu Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China) di partai ketiga.

Berbeda dengan dua kompatriotnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi lawan dengan peringkat lebih rendah namun tetap harus diwaspadai, yakni Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan). Mereka bermain di laga terakhir.

Seluruh pertandingan semifinal hari ini dapat disaksikan di iNews TV. (tim)