Final AFF 2023: Tahan Imbang Vietnam, Thailand Meletakkan Satu Kaki Juara AFF 2023

DL/SPORT/Kuala Lumpur/13012023

---- Menahan imbang 2-2 di kandang Vietnam, tim nasional Thailand seolah sudah meletakkan satu kaki di tangga juara untuk tujuh kalinya di ajang AFF Cup 2023.

Tidak mudah membuat gol di gawang Thailand apalagi di kandangnya yang terkenal angker selama ini di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. Namun Thailand membuktikan sebagai tim tamu yang tidak gentar dengan terror penonton penyokong tuan rumah.

Meski sempat ketinggalan satu gol di babak pertama di menit ke-24. Nguyen Tien Linh membobol gawang Thailand dengan sundulan usai memanfaatkan umpan Que Ngoc Hai.

Dalam tayangan langsung iNEWS TV jelas tergambar betapa, Vietnam sangat kesulitan menembus pertahanan Thailand yang sangat fokus, dan benar-benar tidak menerapkan permainan bertahan total.

Alexander Polking, peracik strategi tim Gajah Perang, Thailand, menerapkan taktik yang jitu untuk menghadapi permainan Vietnam yang cenderung keras dan cepat. Tak tampak bahwa tim ini melakukan super defensive hingga babak pertama berakhir 1-0, karena beberapa kesempatan Theeratorn dkk terus menggempur pertahanan Vietnam.

Serangan Frontal Vietnam
Pada babak kedua, Theeratorn Boonmatan membuat kejutan, dengan melakukan umpan terobosan ke daerah pertahanan Vietnam. Menit 48 itu, Poramet Arjvirai menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan itu. 1-1.

Kedudukan ini membuat pasukan Park Hang-Seo mulai meningkatkan serangan untuk memburu kemenangan di kendang. Namun hingga menit 60, keadaan 1-1 masih bertahan.

Justru ini membuat sedikit frustasi barisan penyerang Vietnam dengan beberapa kesalahan umpan. Dan serangan yang kurang efektif. Di menit 63, tatkala pasukan Vietnam asyik menyerang, justru terjadi serangan balik yang sangat cepat dengan direct ball dari  lini belakang Thailand.

Aktornya lagi-lagi Theeratorn, yang mengirimkan umpan dan dimanfaatkan oleh Sarach Yooyen yang berdiri bebas dan on-side. Dengan satu sentuhan Yooyen menjebol keperkasaan penjaga gawang Vietnam, Dang Van Lam, untuk membalikkan keadaan menjadi 1-2.

Menyisakan waktu sekitar 30 menit, pelatih tangan dingin Park Hang-seo memasukkan beberapa pemain kunci Vietnam dengan tujuan menggedor habis pertahanan Thailand. Salah satunya memasukkan Vu Van Thanh.

Pemain ini membuyarkan kemenangan Thailand yang tinggal menunggu waktu 2 menit di sisa waktu normal. Menit 88, dalam screamage dari tendangan sudut, Vu Van melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti Thailand dan melesat masuk ke gawang Kampol Pathomakkakul, 2-2.

Skor ini sangat menguntungkan Thailand yang pada Senin 16 Januari 2023 akan menjamu Vietnam di Stadion Thammasat, Bangkok, Thailand. Setidaknya Vietnam haru memasukkan dua gol untuk mengejar defisit gol yang dicetak Thailand di leg 1.

Pertandingan diperkirakan akan jauh lebih menegangkan di leg 2 ini. Nantikan pada siaran langsung di iNEWS TV. (tim)