Ada Hal Baru, Tantangan Bahan Lomba Karya Tulis dan Fotografi Porwanas XIII Malang

DL/SPORT/Malang/22112022

---- Ada beberapa hal baru yang ternyata menjadi bahan yang menantang untuk dituangkan dalam tulisan dan telaah di Lomba Karya Tulis dan Fotografi Pekan Olahraga Wartawan nasional (Porwanas) ke XIII di Malangraya Jawa Timur.

Ini kesan yang pertama muncul dari seorang peserta Karya Tulis wakil dari PWI Lampung, Delima Natalia Napitupulu (Lampung Post) kepada media ini.

“Ada hal yang baru dan ini sangat menarik untuk ditulis dalam karya kita. Terutama saat kami berada di daerah Eko Wisata (Ecotourism) itu di salah satu lokasi yang ditetapkan panitia. Ini selain menjadi bahan tulisan juga memberikan tantangan untuk menulisnya sesuai dengan kondisi sebenarnya,” kata Delima.

Salah satunya adalah penerapan sanksi yang tegas pada sebuah pelanggaran di lokasi Ecotourism yang dengan tegas pula menunjukkan keseriusan dalam melestarikan lingkungan dan kebersihannya.

“Ini yang belum dilakukan di Lampung. Terutama tentang ketegasan sanksi dan kesan sangat serius dari pemerintah serta pengelola Ecotourism. Ini menantang dan berkesan. Semoga tulisanku bisa mengena, karena aku cukup menghayati,” tambah wartawati lampung Post itu.

Perlombaan Karya Tulis dan Fotografi yang digelar Selasa 22 November 2022, dilakukan di tiga lokasi yakni Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Malang Selatan, Kabupaten Malang.

Kemudian di Kawasan Mangrove Clungup (Clungup  Mangrove Conservation/CMC) dan Konservasi Kawasan Penyu di Malang.

Pada perlombaan ini Kontingen Porwanas PWI Lampung menerjunkan Dua Jurnalis

yakni Delima Natalia Napitupulu (Lampung Post) yang mengikuti lomba Karya Tulis Jurnalistik dan Segan Petrus Simanjuntak (Rilis Lampung) mengikuti lomba Fotografi.

Pada Porwanas kali ini Perlombaan Karya Tulis diikuti 12 peserta dan lomba fotografi diikuti oleh 7 peserta. Panitia akan mengumumkan hasil lomba karya tulis dan fotografi pada tanggal 25 November 2022.

Dalam kesempatan itu Kepala Pelabuhan Perikanan Pondokdadap Mufid Supriyanto  menyampaikan rasa terimakasih kepada panitia Porwanas khususnya Lomba Jurnalistik yang telah memilih lokasi ini menjadi salah satu spot perlombaan karya tulis dan fotografi ini.

“Semoga dengan ada nya kegiatan lomba dilokasi ini bisa mempromosikan potensi perikanan khususnya ikan tuna yang ada di kecamatan pondokdadap yang merupakan salah satu exportir ikan tuna ke Eropa,” kata Mufid. (tim)

Tags