Ketum PB Pabersi: Imron Rosadi Adalah Bapak Angkat Berat Indonesia

DL/SPORT/Pringsewu/24102022

---- Tidak kurang dari 159 Lifter Angkat Berat turut ambil bagian dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Berat Indonesia yang diadakan di Pringsewu Lampung, 23-28 Oktober 2022. Kejurnas ini menjadi salah satu persyaratan lifter ikut dalam Pra PON.

Pada opening ceremony Minggu malam, 23 Oktober 2022 di padepokan Gajah Lampung Kabupaten Pringsewu, Ketua Umum Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi), Anna Maria, mengatakan bahwa kejuaraan nasional ini yang pertama di Lampung, dan merupakan rangkaian dari perjuangan Panjang seorang tokoh dan pahlawan bagi Angkat Berat Indonesia, yakni Imron Rosadi dan nyonya.

“Bapak dan Ibu Imron Rosadi adalah sosok yang berjuang lebih dari 50 tahun memperjuangkan Angkat Berat tanpa kenal lelah. Sampai usianya yang ke-80 tahun tetap berjuang dan tidak mau mundur selangkahpun bukan saja demi nama Pringsewu dan tetapi juga nama Indonesia di kancah internasional,” kata Ting-ting.

Dengan suara lantang Ting-ting mengatakan bahwa meskipun berpuluh-puluh tahun PABERSI menjadi satu dengan PABBSI, namun dua tahun belakangan dipisahkan dan berdiri sendiri.

Dia mengatakan bahwa semangat yang sudah ditanamkan Imron Rosadi merupakan semangat yang tak pernah padam, karena perjuangan selama ini dilakukan oleh Imron Rosadi dan nyonya bukanlah perjuangan yang mudah.

“Kami yakin bahwa seorang pahlawan itu bukan berharap penghargaan, karena pahlawan itu berjuang dengan hati dan seluruh jiwa raganya. Biarpun mereka tidak memintanya, namiun generasi penerus sudah seharusnyalah memberikan penghargaan atas perjuangan itu. Saya yakin Indonesia adalah bangsa yang besar. Karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengharga dan tidak melupakan para pahlawannya,” ujar Ketua umum PB Pabersi ini.

Kepada para lifter dari keluarga Pabersi, Tin-ting menggelorakan semangat dan mendedikasikan bahwa seluruh perjuangan Imron Rosadi dan nyonya layak diberikan predikat sebagai Bapak Angkat Berat Indonesia. “Bahwa Bapak dan Ibu Imron Rosadi adalah Bapak dan Ibu Angkat Berat Indonesia,” kalimat ini disambut dengan tepuk tangan seluruh yang hadir pada opening ceremony itu.

Sementara itu Gubernur Lampung yang diwakili Sekdaprov, Fahrizal Darminto dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa pemerintah provinsi Lampung menyambut baik serta mendukung kejuaraan nasional ini dan terus menyemangati agar para atlet Lampung terus meningkatkan prestasinya.

Berikut data peserta dan daerah yang turut serta dalam kejurnas kali ini:

Jumlah atlet seluruhnya 158, terdiri dari Putra 98 orang dan putri 61 orang yang akan bermain di 16 kelas. Sedangkan atlet cadangan ada 13 yakni 6 putra dan 7 putri. Pertandingan sepanjang Kejurnas dipimpin oleh wasit nasional dari PB Pabersi.

Ada 19 Pengprov Pabersi yang mengirimkan lifternya dalam Kejurnas ini yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat.

Pertandingan akan dimulai hari ini, Senin hingga Kamis (23-27) dengan mempertandingkan 16 kelas. (hms) 

Tags