KONI Kota Metro Tidak Akan Kirim Cabor Penggembira Di Porprov

DL/11102022/Kota Metro

---- olahraga Provinsi Lampung (Porprov) ke IX tahun 2022 yang akan dihelat di Bandar Lampung pada Desember mendatang merupakan pestanya para atlet olahraga prestasi yang digelar setiap 4 tahun sekali.

Kota Metro yang telah membentuk tim training centre (TC) dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat, mulai melakukan memonitor seluruh cabang olahraga yang kemungkinan akan dikirim menjadi duta daerah ini.

Tim TC Kota Metro diketuai Kadisdik Suwandi, kepada detiklampung.com, menjelaskan bahwa saat ini tim TC KONI Kota Metro, tengah melakukan pemantauan dan kunjungan ke masing-masing cabor untuk memonitoring sekaligus melakukan pembinaan.


“Kami dari tim TC secara langsung melakukan monitoring dengan mendatangi tempat sekretariat atau tempat berlatih para atlet cabor masing-masing. Tidak hanya itu, kami juga memantau secara langsung, sejauh mana para pelatih ini melakukan perekrutan atlet, menyiapkan program dan teknis latihan kepada Atletnya,” jelas Suwandi disela-sela kunjungannya di salah satu cabor pada, Selasa 11 Oktober 2022.

Ditegaskan Suwandi, pihaknya tidak main-main dalam melakukan perekrutan para atlet untuk berlaga di Porprov IX ini. Karena Kota Metro menargetkan masuk tiga besar di Porprov kali ini.

Tim TC nantinya akan merekomendasikan hasil pantauannya di lapangan kepada pihak KONI Kota Metro yang tahap selanjutnya akan dilakukan evaluasi layak dan tidaknya cabor atau atlet tersebut dikirim  untuk berlaga di Porprov Lampung.

“Kami tidak akan mengirim cabor atau atlet yang hanya jadi tim penggembira. Kami kirim cabor yang potensi mendulang medali. Untuk itu kami melakukan pengawasan, pembinaan kepada cabor-cabor yang ada secara ketat. Karena waktu semakin dekat jadi kami semua secara bersama-sama saling berkomunikasi dan support untuk mendapat hasil yang maksimal,” tegasnya.

Sementara, ketua KONI Kota Metro, Ampian Bustami mengatakan, saat ini pihak KONI tengah melakukan monitoring, pembinaan dan persiapan ke 29 cabor yang ada melalui tim TC yang telah dibentuk.

Dari 29 cabor yang terdaftar di KONI Kota Metro saat ini tengah dilakukan TC, terhadap para atletnya yang akan berlaga di Porprov mendatang.

“Setiap hari tim TC menyambangi sekretariat atau tempat berlatih para atlet di cabor masing- masing. Hal ini kami lakukan, untuk melihat secara langsung sampai dimana kesiapan cabor dalam mempersiapkan atletnya untuk berlaga di Porprov.” jelasnya.

Saat disinggung masalah prestasi, Ampian mengatakan pihaknya menargetkan tiga besar dalam perolehan mendali dalam ajang Porprov kali ini. Ampian meyakini hal tersebut karena dari beberapa cabor dapat dipastikan menjadi lumbung dalam perolehan medali seperti Judo, Panahan, Panjat Dinding, Taekwondo, Wushu, Boxing, dan beberapa cabor yang lainnya.

“Kami yakin para Atlet mampu meraih prestasi terbaik, dan kami dari KONI juga percaya jika para pelatih telah melakukan yang terbaik kepada para atletnya. Untuk itu, kami semua bekerja bersama-sama dalam bidangnya masing-masing sesuai dengan program yang telah kami buat. Dan para tim yang telah kami bentuk saat ini telah berjalan sesuai rencana,” tandasnya. (Gun)