Partisipasi Atlet Paramotor Lampung Dalam Peringatan HUT TNI 2022 Diparesiasi Positif

DL/10102022/ Bandarlampung

----- Keberadaan Pengprov Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) di Lampung mempunyai beberapa disiplin yang terus dikembangkan dengan baik, diantaranya adalah Paramotor.

Paramotor yang sudah dipastikan akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh-Sumut 2024, yang sebelumnya sudah melakukan eksibisi secara aktif di PON XX di Papua 2021.

Beberapa atlet Paramotor Lampung turut menyemarakkan peringatan HUT TNI di provinsi Lampung pada 5 Oktober 2022. Ada empat atlet yang melakukan penerbangan yang dimulai dari lokasi terbuka di Gudang Agen Telukbetung Selatan, kemudian terbang melalui angkasa Telukbetung kea rah lapangan Enggal atau lapangan Merah Korem 043 Gatam di Kawasan Saburai Enggal Bandarlampung, dan mendarat di sana.

Penampilan ini mendapatkan apresiasi positif dari Danrem 043 Gatam serta hadirin yang turut dalam upacara tersebut.

Bambang Abiyono, Ketua Paramotor provinsi Lampung mengatakan bahwa Paramotor merupakan salah satu olahraga kedirgantaraan yang berkembang karena dilakukan pembinaan oleh TNI AU melalui Federasi Aero Sport Indonesia. 

Awalnya, kata dia, pada 2009, Letnan Kolonel POM, R. Djoko Leksono, SE selaku Danlanud Astra Ksetra (Lanud M.Bun -- sekarang) saat itu, menerima Paramotor dan Paralayang secara resmi masuk cabor di FASI Provinsi Lampung.

“Tahun 2014 Basarnas Lampung didukung oleh Fasi Lampung melalui Paramotor Lampung mengadakan pelatihan Lampung bagi Rescuer-rescuer Basarnas Lampung, yang melahirkan salah satu atlit nasional Paramotor yakni Adi Ayangsyah.” Tambah Bambang.

Sejak tahun 2009 itu, atas dukungan Lanud Pangeran M. Bun dan melalui pembinaan Binpordirga Lanud, Paramotor Lampung dapat mulai berkegiatan di Paramotor Nasional dengan mengikuti kegiatan Nasional, seperti Kejuaran Nasional di Jogjakarta Air Show, Kejuaran Nasional di Sriwijaya Air Show, Kejuaran Nasional di Lanud Atang Sanjaya, Eksibisi PON 2021 Papua, Kejuaran Nasional di Lanud Gorda Banten.

Selain sebagai peserta, Paramotor Lampung juga menjadi tuan rumah Kejuaran Nasional pada 2013, saat itu Letnan Kolonel Nav Insan Nanjaya, S.H. M.Avn. Mgt selaku Dan Lanud, bertempat di Lanud M. Bun Yamin.


Potensi Medali di PON

Saat ini cabor Paromotor sudah resmi tercatat sebagai salah satu disiplin cabor di PON 2024 Aceh – Sumut, dengan 20 mendali emas yang akan diperebutkan sedangkan di eksibisi PON 2021 Papua baru diperebutkan 8 medali Emas. Maka peluang besar bagi cabor Paramotor Lampung untuk menyumbang emas lebih banyak.

Menurut Bambang, hal ini dapat dicapai dengan persiapan yang sempurna dan sedini mungkin, mengingat calon calon lawan dari provinsi lain sudah bersiap baik atlet mauapun peralatannya.

“Saat ini bapak Letkol Nav Yohanas Ridwan, selaku Ketua Umum FASI Provinsi Lampung, bersama Paromotor Lampung sedang Menyusun dan mempersiapkan program pemusatan latihan dan peremajaan alat Paramotor dalam rangka mengahadapi Pra PON Aceh-Sumut 2023 dan PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut.” Katanya.

Bambang Abiyono mengatakan bahwa dengan dukungan spirit maupun materiil dari semua pihak serta binaan dari Lanud Pangeran M. Bunyamin, Paramotor Lampung mampu menjadi lumbung medali emas di Pekan Olahraga nasional (PON) Sumut-Aceh 2024.

Personil yang melakukan penerjunan dengan Paramotor diantaranya Bambang Abiyono, Adi AyangSyang, Yudhistira Perkasa dan Endang Risnandar.

Banyak Prestasi

Sedangkan prestasi yang pernah diraih  Paramotor Lampung antara lain tahun 2020 sampai sekarang  dibawah binaan dan arahan Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., selaku DanLanud Pangeran M. Bunyamin, Paramotor Lampung  berhasil memperoleh Emas nomor Presisi, Perak nomor Navigasi, dan Perunggu nomor Over All diajang Eksibisi PON 2021 Papua. Dan juara 2 Presisi, Juar 3 Over All.

Ini deretan prestasi paramotor Lampung selama ini:

Kejuaran Nasional di Lanud Gorda Banten, 2022.

Kejuaran nasional di KASAU Cup 2017, Juara 2 presisi, juara 2 Over All

Kejuaran nasional di KASAU Cup 2016, Juara 2 presisi, juara 3 Over All

Kejuaran nasional di Lanud Atang Sanjaya 2015, Juara 2 presisi, dan juara 3 Over All

Kejuaraan Internasiol, di Thailand, 2015,  3 beregu Over All

Kejuaran nasional di Sriwijaya air show 2015, peringkat 4 beregu Over All

Kejuaran nasional di Jogja air show 2014, peringkat 5 beregu over All

Kejuaran nasional II di Lanud BUN 2013, Juara 3 presisi , dan 3 beregu over All. (don)