Menang Dari Palestina, Indonesia Buka Peluang Lolos Otomatis Ke Piala Asia U-17

Dl/Jakarta/Sport/07102022

----- Timnas Indonesia U-17 melangkah mulus pada pertandingan ketiga di grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan meraih kemenangan 2-0 atas Palestina di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor Jumat malam 7 Oktober 2022.

Hasil ini membawa Garuda Asia ke puncak klasemen dengan nilai 9, menyalip timnas Malaysia yang mengumpulkan 7 poin dari 3 pertandingannya.
Timnas Indonesia U-17 unggul cepat ketika laga baru berjalan delapan menit dari bunuh diri Ibrahim Alfuqaha. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan babak pertama usai.

Babak kedua, Arkhan Kaka cs bisa menggandakan keunggulan dari gol sepakan melengkung Habil Abdillah pada menit ke-51.

Kemenangan 2-0 ini membawa Indonesia ada dipuncak klasemen dengan mengantongi 9 poin dan gol positif 15. Sedangkan Malaysia dari 3 pertandingannya mengemas nilai 7 dengan selisih gol positif 5.

Sementara tim favorit lainnya, Uni Emirat Arab  (UEA) berada ditempat ke-3 dengan nilai 6 dari 4 pertandingan. Dengan hasil ini, dari grup B hanya menyisakan dua tim yang berpeluang lolos ke putaran selanjutnya yakni Indonesia dan Malaysia.

Dari grup ini akan lolos secara otomatis untuk Juara grup, sementara runner-up harus bersaing dengan grup lainnya, untuk bisa menjadi runner-up terbaik.

Jalannya pertandingan yang disiarkan langsung video.com:

Gol pertama Indonesia lahir di menit 8, dari proses serangan yang salah diantisipasi pemain belakang Palestina, Ibrahim Alfuqaha.

Pada menit ke-11, Jehan mencoba lewat sepakan keras usai menusuk dari sayap. Usahanya ini belum menggandakan keunggulan Indonesia karena bisa diredam kiper Palestina, Mohammed Abushaqra.

Pasukan Bima Sakti punya peluang emas kembali mencetak gol di menit ke-13. Bola muntah tembakan jarak jauh Narendra Tegar yang dibendung Abushaqra menuju Muhammad Kafiatur. Namun, sepakan Kafiatur masih menerpa mistar.

Palestina mencuri kesempatan pada menit ke-23. Lewat sebuah serangan cepat, Mohammed Manassra bisa menyambar bola umpan tarik. Andrika Fathir tampil prima dengan masih bisa menepis bola.

Palestina mencuri kesempatan pada menit ke-23. Lewat sebuah serangan cepat, Mohammed Manassra bisa menyambar bola umpan tarik. Andrika Fathir tampil prima dengan masih bisa menepis bola.

Indonesia masih dominan hingga pertengahan babak pertama. Kafiatur memberi umpan terobosan terukur menuju Arkhan Kaka. Punya ruang tembakan Arkhan Kaka justru melambung.

Pasukan Bima Sakti gagal menambah gol hingga babak pertama tuntas meski terus mengurung lini pertahanan lawan.
Selepas jeda, Indonesia mendapat sepak pojok. Kafiatur memberikan umpan pendek ke Habil.

Habil melepas bola melengkung ke pojok kiri gawang Palestina. Bola tak bisa dijangkau oleh Abushaqra. Indonesia unggul 2-0 pada menit ke-51.

Palestina sempat punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan dari penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah tusukan Ahmed Sulaiman dijegal oleh Andrika.

Penalti gagal. Husam Alshaer yang maju sebagai eksekutor sepakannya membentur mistar. Bola yang muntah sebenarnya bisa disambar lagi oleh Alshaer jadi gol. Namun, gol ini tak sahkan karena bola penalti yang membentur tiang tanpa ditepis kiper tak boleh disambar langsung penendang.

Pelestina tak mengendurkan serangan setelahnya. Meski demikian, penyelesain yang buruk bikin mereka tak sering membahayakan gawang Andrika.

Pada menit ke-73, Jehan punya kesempatan. Ia berdiri bebas di depan gawang. Tembakannya tapi melambung jauh dari gawang lawan.
Jehan lagi mendapat peluang pada menit ke-85.Kali ini sundulannya menyambut umpan silang dari sisi kiri bisa ditepis kiper Palestina. Indonesia bisa mempertahankan keunggulan 2-0 hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:

Indonesia: Andrika Fathir; Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah, Muhammad Iqbal Gwijangge; Muhammad Kafiatur, Mokhamad Hanif Ramadhan, Narendra Tegar, Muhammad Riski;Jehan Arkhan Kaka.

Palestina: Mohammed Abushaqra; Mohamad Nouri,Ibrahim Alfuqaha, Mohammed Manassra, Tareq Awawda, Husam Alshaer, Mohammed Zoghayyer, Mahmoud Radi, Ahmed Hawamda, Ahmed Sulaiman, Baraa Rabei. (tim)

Tags