PERGUNU Lampung Gelar Tes Masuk Beasiswa S1, S2, dan S3 di IKHAC

DL/24072022/Bandar Lampung

----  Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PerguNU) Provinsi Lampung kembali membuka beasiswa S1, S2, dan S3 kuliah di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto, Jawa Timur, pada Minggu 24 Juli 2022 yang berlangsung di Sekretariat Bersama PW LP Ma'arif NU Lampung dan PW PerguNU Lampung, Jalan Mawar Indah Gg. Dahlia Kelurahan Labuhan Dalam Kec. Tanjung Senang Kota Bandarlampung.

Ketua Panitia Penjaringan Beasiswa PW PerguNU Provinsi Lampung Dr. KH. Amiruddin, M.Pd.I mengatakan PerguNU memberi kesempatan kepada putra-putri warga nahdliyin Provinsi Lampung untuk meraih beasiswa IKHAC. Pendaftaran sudah dimulai sejak 1 Juni s.d. 15 Juli 2022. Tes seleksi akademik dan non akademik pada hari Minggu 24 Juli 2022. Pengumuman hasil seleksi tanggal 5 Agustus 2022 mendatang.

Lebih lanjut menurut Kyai Amir biasa ia disapa, ada 24 calon peserta yang mengikuti tes tertulis dan wawancara pada hari ini dengan tes 5 tahapan yaitu Ke-Aswaja-an, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Kitab Kuning, Pengetahuan Umum serta Baca Al-Qur'an dan Tajwidnya.

"Ada berbagai pilihan fakultas dan program studi yang disediakan IKHAC Mojokerto Jawa Timur. Program Sarjana (S1) Fakultas Tarbiyah dengan lima jurusan; Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Fakultas Syariah menyediakan tiga jurusan; Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Ahwalus Syahsiyah. Fakultas Dakwah dan Usuludin dengan dua jurusan; Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Ilmu Qur’an dan Tafsir.

Pascasarjana (S2) menyediakan dua program studi yaitu Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Agama Islam. Dan Program Doktoral (S3) dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI)”, ucap Kyai Amir yang juga sebagai Ketua MUI Kota Bandarlampung ini.

Ketua PW Pergunu Provinsi Lampung Dr. Imam Syafei, M.Ag menyatakan akan membuka seluas luasnya kesempatan ini kepada warga Nahdliyin khususnya di Provinsi Lampung yang tentu saja melalui tahapan pendaftaran dan tes seleksi. Calon Mahasiswa yang lulus tes akan mengikuti pembinaan dan pendampingan menuju Kampus IKHAC.

"Alhamdulillah kader pengurus PW PERGUNU Provinsi Lampung yang lanjut studi ke kampus IKHAC Mojokerto Jawa Timur dari angkatan pertama sampai tahun 2021 berjumlah 94 orang. Program ini dilakukan sesuai dengan amanah PP PERGUNU untuk melakukan peningkatan SDM melalui program beasiswa pendidikan S1, S2 dan S3.

Harapannya Lampung memiliki sumberdaya manusia yang berkualias dan berwawasan global  baik bidang intelektual dan  spiritual yang memiliki karakter ahli sunnah wal jama'ah an-nahdiyah yang berbanding lurus dengan peningkatan wawasan global dan menjaga kedaulatan NKRI", kata doktor PAI alumni UIN SGD Bandung ini.

Secara terpisah Ketua Umum PP Pergunu, Prof. Dr. KH. Asep Syaifudin Chalim, MA mengatakan pemenang kompetisi adalah orang-orang memiliki kompetensi dan skill yang responsive terhadap perkembangan zaman.

Atas dasar kondisi tersebut, PP Pergunu bekerjasama dengan Institut KH. Abdul Chalim, Mojokerto, merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatar belakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri, dengan memberikan beasiswa Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3).

Kegiatan tes tersebut juga dihadiri Sekretaris PW PERGUNU Lampung Dr. Ihsan Mustofa, M.Pd.I, Wakil Sekretaris Muhammad Idris, M.Pd.I, Bendahara Dr. Sunarto, M.Pd.I, serta para pengurus serta ketua PC PERGUNU se-Provinsi Lampung. (Idris)