Membanggakan, Lambar Raih Prestasi Madya KLA 2022

DL/22072022/LAMPUNG BARAT

----Kementerian PPPA menganugerahkan prestasi "Tingkat Madya" kepada Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam ajang Penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022, Jumat 22 Juli 2022 malam.

Acara yang digelar secara Luring dan During tersebut dilangsungkan di Kabupaten Bogor Jawa Barat dan diikuti oleh para Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Kepala Dinas P2KBP3A M. Danang Harisuseno dikonfirmasi melalui saluran selluler mengatakan, Penilaian KLA merupakan ajang prestasi bergengsi bagi Kabupaten/kota sebagai penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota atas komitmennya yang tinggi dalam mewujudkan KLA melalui penerapan 24 indikator.

"Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga, dan tim independen," katanya.

Pada Malam Penganugerahan Apresiasi KLA Tahun 2022, Pemkab Lambar memperoleh penghargaan sebagai KLA Peringkat Madya Tahun 2022, penghargaan ini diberikan atas penilaian kinerja Pemkab setempat pada tahun 2021.

KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha.

Komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhnya hak dan perlindungan khusus anak mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat komplek dan multisektoral.

"Tujuan penerapan KLA ini adalah untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten/kota untuk lebih responsif terhadap kepentingan anak baik dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangun serta kemitraan dengan lembaga non pemerintah di bidang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak," tandasnya. (Igun)

Tags