Audiensi Dengan PT.PLN Persero Tanjung Karang, Bupati Lamsel Pinta Support Listrik Ke Desa Wisata Cepat Terpenuhi

DL/10032022/KALIANDA

---- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto audiensi bersama PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Tanjung Karang di ruang kerja bupati setempat, Kamis, 10 Maret 2022.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Plh.Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhadi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika M. Sefri Masdian serta Kepala Dinas Perhubungan M.Darmawan.

Zamzami selaku Manager UP3 Tanjung Karang mengatakan, tujuan datangnya tim dari PT. PLN Persero Tanjung Karang berkenaan mengenai support jaringan listrik untuk desa wisata pilihan kabupaten Lampung Selatan dan area tambak Kecamatan di Sragi.

“Untuk support desa wisata prosesnya sudah 4 lokasi disurvei, digambar dan sudah proses kontrak dari 6 lokasi yang direncanakan , kemudian 2 lokasi lagi sedang proses survei,”tuturnya.

“Dari 4 lokasi yang sudah di survei yaitu pantai Minang Rua, Air Terjun Way Tayas, Air Tenjur Way Kalam dan Way Belerang Simpur, kemudian yang 2 lokasi lagi yaitu rest area pantai Kunjir dan Gunung Batu,”imbuhnya.

Pada kesempatan itu pula Zamzami menyampaikan, berkaitan tentang pemakaian listrik, masyarakat dapat bermigrasi dengan menggunakan yang prabayar yang lebih menguntungkan dari pada menggunakan rekening biasa, karena ada dua keuntungan yaitu dari sisi PLN terkait percepatan cash in dan dari sisi masyarakat pengguna yaitu dapat melihat langsung/memastikan jumlah pemakaian listrik.

“Dan harapan kami, Bapak Bupati dapat mensuport agar kami kedepan dapat lebih maksimal dalam membangun kelistrikan untuk kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menuturkan, terkait sosialisasi kepada masyarakat nantinya dapat menggunakan banner atau himbauan agar masyarakat dapat tepat waktu dalam melakukan pembayaran tagihan PLN.

“kemudian selanjutnya saya berharap untuk desa wisata prosesnya dapat dipercepat, karena tempat wisata di Lampung Selatan sangat berpotensi namun banyak dikeluhkan oleh pengunjung tentang penerangan,”tuturnya.

Masuknya PLN ke desa wisata akan menunjang alat-alat yang memang menjadi bagian dari wisata tersebut untuk lebih menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin datang ke wisata yang ada di desa-desa wisata tersebut.

Nanang Ermanto menambahkan, terkait tambak, dalam waktu dekat ini tim dari kementrian akan turun langsung untuk melakukan survei, yang rencananya akan membantu dalam bentuk mesin penyedot lumpur untuk para petambak tersebut.

“Survei tersebut selain langsung melihat lokasi juga akan mengecek dari sisi administrasi baik dari koperasi yang sehat, organisasinya dan lain sebagainya. Sejalan dengan hal itu diharapkan PLN dapat mempersiapkan juga agar masyarakat petambak tidak mengalami hambatan,”tambahnya.

Diakhir perbincangan hangat tersebut, Bupati Lampung Selatan itu berharap tentang pembangunan kedepan di Bakauheni, PLN dapat mempersiapkan terkait kekurangan pasokan listrik, tentunya dengan dibangunnya Bakauheni Harbour City akan terbangun juga berbagai fasilitas yang membutuhkan pasokan listrik.

“Maka dari itu saya juga berharap, PLN dapat bersinergi dengan baik dengan pemerintah kabupaten Lampung Selatan, tentunya untuk menyambut Bakauheni Harbour City PLN harus siap dengan pasokan listrik yang cukup sesuai kebutuhan nantinya,”pungkasnya. (lmhr/Hs)

Tags